Cara Mengatahui Telur Pleci Isi atau Produktif

Advertisement
Advertisement
Untuk mengetahui telur Pleci isi atau produktif itu sangatlah mudah dan gampang. Pasalnya, untuk mengetahui kondisi telur itu sendiri Anda hanya membutuhkan media lampu saja. Tapi, walaupun mudah, bukan berarti Anda tidak hati-hati. Ingat, kondisi telur umumnya rentan rusak dan mudah pecah. Maka dari itu, untuk melakukah hal ini Anda dituntut hati-hati dan tenang.

Karena jika Anda sembarangan, telur bisa saja pecah, jatuh, atau pun rusak. Jangan lupa, pisahkan juga telur yang akan diperiksa tadi dari indukannya. Karena jika tidak, bersiaplah menerima
agresifitas dari indukan Pleci.

telur pleci

Menguji Produktifitas Telur Pleci
Dalam menguji produkfitas sebuah telur diperlukan sebuah metode yang mudah dan aman. Karena disamping untuk memudahkan proses pengujian, sebuah metode untuk mengetahui telur Pleci isi atau produktif haruslah aman untuk kesehatan dan keselamatan telur itu sendiri.

Adapun cara untuk mengetahui produktifitas telur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Siapkan lampu pijar
Lampu pijar memiliki cahaya yang cukup menerawang emrio dalam telur. Maka dari itu, lampu ini sangat dianjurkan untuk mengetahui produktifitas dari sebuah telur.

2. Siapkan telur yang akan dicek 
Siapkan telur yang akan diterawang. Oh ya, perlu Anda ingat, jika Anda ingin mengambil telur dari indukan, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. pasalnya, indukan yang sedang mengerami telur umumnya jauh lebih agresif, terlebih lagi jika telurnya Anda ambil.

3. Lakukan penerawangan
Arahkan telur ke arah lampu untuk mengetahui telur Pleci produktif atau tidak? nah, adapun indikasi atau kesimpulan dari metode ini sendiri adalah sebagai berikut:

a. Bila Anda melihat bercak hitam dalam telur, itu berarti telur tersebut memiliki embrio dan siap untuk  ditetaskan.
b. Jika Anda tidak melihat bercak hitam di dalam telur, itu berarti telur tersebut tidak memiliki embrio. Dengan kata lain, telur tersebut adalah telur infertil atau telur yang tidak bisa ditetaskan oleh indukan.

Untuk melakukan kegiatan ini, pastikan Anda lakukan dengan konsentrasi yang tinggi. Terkadang embrio tidak terlalu terlihat, entah karena masih kecil atau pun kurang jelas. Maka dari itu, dalam melakukan cara mengetahui telur Pleci isi atau produktif ini haruslah benar-benar teleti. Karena jika tidak, bisa jadi Anda salah dalam menerawang telur tersebut.