Cara Memasang Cincin atau Ring Pada Kaki Pleci

Advertisement
Advertisement
Memasang cincin atau ring pada kaki Pleci umumnya dilakukan saat burung ini masih anakan, atau lebih tepatnya saat Ia masih berumur sekitar 5-10 hari. Karena saat umur segitu, kaki burung ini masih cukup lentur dan bagus untuk dipasangkan cincin. Berbeda jika Ia sudah menginjak usia dewasa. Karena saat dewasa, Ia pasti akan memiliki kaki yang kaku.

Namun, bila Kita tetap memaksakan memasang cincin saat Ia sudah dewasa, bisa-bisa kaki burung ini akan patah. Bahkan yang lebih parahnya lagi tidak sedikit dari perkara yang menimbulkan kematian. Maka dari itu, pemasangan cincin ini haruslah tepat dan benar. Lalu, seperti apakah pemasangan cincin yang benar?

cincin pleci, kaki pleci

Cara-Cara Memasang Cincin atau Ring Pada Kaki Pleci
Jika Anda ingin memasang cincin atau ring pada kaki Pleci, ada cara-cara yang harus Anda ikuti dan laksanakan. Nah, seperti apa dan bagaimana penerapan cara tersebut? yuk Kita simak materi berikut.
Pemasangan ring setidaknya harus dilakukan saat usia burung masih belia. Karena saat usia segitu, kaki burung masih ideal untuk proses pesangan cincin itu sendiri. Oh ya, untuk menghindari resiko cedera dan terluka, sebaiknya lakukan cara ini dengan perlahan dan tenang. Jangan lupa, lakukan lakukan kegiatan ini dengan mengikuti cara-cara yang baik dan benar.

Nah, berikut ini adalah cara pemasangan cincin yang baik dan benar:

1. Siapkan cincin, minyak tawon, dan burung dengan usia 5-10 hari.
2. Pegangan anakan burung ini se-fleksibel mungkin agar tulang keringnya tidak patah.
3. Oleskan minyak tawon sebagai pelicin ke kaki burung.
4. Masukan cincin tersebut secara perlahan, dari mulai tiga jari terdepan.
5. Tekuklah jari keempat keluar, setelah itu tarik cincin ke atas secara perlahan sampai melewati jari keempat.
6. Setelah cincin terpasang perhatikan kondisi cincin yang menempel tadi, sebisa mungkin pastikan cincin tersebut tidak turun dan jauh ke bawah.

Pada dasarnya, cara memasang cincin atau ring pada kaki Pleci itu mudah. Tapi, kendati mudah, Anda haruslah hati-hati dalam melakukannya. Karena jika salah sedikit saja Anda mungkin akan mematahkan kaki burung kesayangan Anda. Agar tidak mengganggu aktifitas burung, sebaiknya pilihlah cincin dengan ukuran yang ideal dan tidak terlalu besar.