Cara Bernyanyi Pleci: Dasar Penilaian Keindahan Suara Burung

Advertisement
Advertisement
Sudah tidak diragukan lagi jika cara bernyanyi burung Pleci sangatlah indah dan bagus. Bagaimana tidak? burung ini sendiri adalah salah satu jenis burung dengan kualitas suara yang merdu, jadi dalam hal berkicau dan bernyanyi, Ia pasti melakukannya dengan indah dan bagus.

Tapi akan jadi berbeda jika burung ini diikutkan ke kontes. Meskipun pada dasar indah, namun ada beberapa kriteri dan penilaian keindahan suara yang harus dimiliki seekor burung untuk mendapatkan predikat jawara. Nah, hal tersebutlah yang akan membuat sebuah kontes atau pun lomba burung menarik.

pleci bernyanyi

Tapi, jika Kita berbicara mengenai penilaian keindahan suara, tahukah Anda apa saja penilaian yang umumnya diterapkan untuk menilai keindahan suara dari seekor burung? Nah, untuk tahu lebih jelasnya tentang penilaian-penilaian yang dimaksud, yuk Kita simak materi di bawah ini.

Poin Penilian Keindahan Suara Burung Pleci
Penilaian keindahan suara burung Pleci pada dasarnya mengacu pada kualitas vokal, lagu yang dimainkan, irama dan isian yang Ia miliki. Dengan kata lain, jika seekor burung ingin mendapatkan predikat jawara, maka Ia harus memiliki sedikitnya keimpat hal di atas. Tapi, terlepas dari hal itu, tahukah Anda apa saja maksud dari poin penilaian di atas?

Berikut ini adalah uraian singkat mengenai poin penilaian suara untuk kontes burung:

1. Lagu: rangkaian variasi suara yang dimainkan burung dalam satu periode waktu.
2. Repertoir: rangkaian lagu yang mampu dimainkan seekor burung dalam satu periode waktu.
3. Strophe: mirip seperti sajak yang dilantunkan burung, biasanya strophe sendiri berisi setidaknya 3-4 lagu yang berisi variasi yang dilantunkan burung.
4. Trill: rangkaian variasi yang dimainkan dalam satu periode waktu tertentu.

Dalam penilaian keindahan suara burung Pleci Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya variasi. Variasi sendiri adalah senjata utama burung untuk mendapatkan predikat jawara. Namun untuk mendapatkan jawara burung haruslah memiliki variasi yang teratur dan rapih. Disamping itu, burung tersebut baru bisa dikatakan jawara apabila Ia sudah memiliki keempat hal penilaian di atas.