Solusi Mencegah dan Mengatasi Kacer yang Kegemukan

Advertisement
Advertisement
Sudah bukan rahasia umum lagi jika Kacer sudah merampungkan masa mabung, burung tersebut akan mudah sekali gemuk. Jika seekor burung gemuk, maka hal yang paling mungkin terjadi adalah burung tersebut akan malas bunyi, malas beraktivitas, mudah sakit, dan pastinya gampang mbagong. Untuk itu, sebelum semua hal di tas terjadi, sebaiknya lakukan upaya pencegahan.

Umumnya upaya pencegahan ini dilakukan dengan mengurangi asupan makanan Kacer. Di luar itu, Kacer juga harus sering dilatih secara fisik dengan menempatkan Kacer ini pada kandang umbaran. dengan menempatkan Kacer pada kandang umbaran, diharapkan kalori dalam tubuh Kacer akan berkurang. Sedangkan jika kalori Kacer berkurang, maka sangat besar kemungkinan burung ini akan terhindar dari obesitas.

kacer kegemukan, kacer gemuk, kacer obesitas

Sedangkan bila kegemukan ada Kacer sudah terjadi, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melatih burung ini untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan caranya untuk mengatasi Kacer yang kegemukan adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi jatah voer Kacer
Pengurangi ini dimaksudkan untuk menekan asupan karbohidrat yang dikonsumsi Kacer. dengan asupan karbohidrat berkurang, maka diharapkan penimbunan lemak pada Kacer lebih sedikit sehingga meminimalisir resiko kegemukan.

2. Melatih Kacer untuk makan buah dan sayur
Buah dan sayur sangat bagus untuk menggerus lemak Kacer. Selain itu, sumber makanan ini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Kacer itu sendiri. Pasalnya, kandung nutrisi dalam buah dan sayur sangatlah baik untuk kesehatan Kacer itu sendiri.

Sedangkan buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi Kacer adalah sebagai berikut:

a. Buah pepaya
b. Mentimun
c. Kacang panjang
d. Brokoli
e. Bengkuang
f. Labu siam

3. Melatih Kacer di kandang umbaran
Mengatasi kegemukan pada Kacer juga bisa Anda lakukan dengan menempatkan burung ini pada kandang umbaran. Kandang ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga diharapkan Kacer akan bergerak dan terbang ke sana kemari. dengan kegiatan tersebut diharapkan lemak dan kalori Kacer akan terbakar. Jika lemak dan kalori Kacer terbakar, maka berat badan Kacer pun akan berkurang dan terbebas dari obesitas.

4. Maksimalkan pemandian dan penjemuran Kacer
Pemandian dan penjemuran Kacer diharapkan mampu mengurangi obesitas Kacer. Namun dalam menerapkan pemandian dan penjemuran tersebut Anda harus menerapkan cara-cara berikut:

a. Lakukan pemandian setidaknya 3 kali sehari untuk mengurangi berat badan Kacer.
b. Mandikan juga Kacer pada malam hari setidaknya 2 kali dalam seminggu, hal ini untuk mengurangi berat badan Kacer.
c. Maksimalkan penjemuran Kacer setidaknya 4 jam dalam sehari, yaitu 2 jam di pagi hari dan 2 jam lagi pada sore hari.
d. Saat penjemuran sebaiknya gunakan sangkar lebih besar untuk memungkinkan Kacer bergerak dan membakar lemak-lemaknya.

Solusi mencegah dan mengatasi Kacer yang kegemukan diatas bisa Anda terapkan untuk Kacer kesayangan Anda. Tapi ingat, dalam melakukan cara-cara di atas, Anda juga harus tetap memberikan EF namun dalam takaran yang sekedarnya saja. Diluar itu, Anda juga bisa memberikan multivitamim burung untuk menjaga kondisi Kacer Anda.