Profil Lengkap Kacer Lutung: Si Hitam Menawan

Advertisement
Advertisement
Halo kacer mania, apakah Anda sudah memiliki jenis kacer idaman Anda? Jika belum, kenapa Anda tidak menjadikan kacer lutung saja sebagai kacer idaman Anda? Selain memiliki suara yang sangat baik, kacer ini juga bisa dibilang sangat unik. Pasalnya, bulu kacer yang satu ini lebih dominan berwarna hitam. Dengan alasan inilah kacer ini disebut juga sebagai si manis menawan.

Tapi, tahukah Anda profil lengkap kacer lutung : si Hitam menawan ini? jika belum sebaiknya Anda kenalan dulu dengan kacer eksotik ini. loh kok pakai kenalan segala? Menurut pepatah, tidak kenal maka tidak sayang. Nah untuk itu mari kita kenalan dengan jenis kacer eksotik yang satu ini.

kacer lutung

Mengenal Profil Lengkap Kacer Lutung : Si Hitam Menawan
Perlu Anda ketahui, jenis kacer ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis niger dan cebu. Sebenarnya kedua kacer ini dilindungi. Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang memiliki kedua burung ini. Menurut beberapa sumber mangatakan, bahwasanya mereka mendapatkan burung ini dari negara tetangga.

Dan selidik punya selidik, ternyata di sana kacer ini dikembang biakan.

Terlepas dari hal tadi, profil kacer lutung ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan jenis kacer pada umumnya. Hanya saja, kacer ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, terutama dari bulu yang Ia miliki. Adapun profil dari burung ini sendiri adalah sebagai berikut:

1. Kacer lutung cebu (Copsychus cebuensis)
Kacer yang satu ini bisa dibilang mirip dengan jenis kacer pada umumnya. Sedangkan dari segi fisik, kacer ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Memiliki bulu yang berwarna hitam legam di tubuhnya.
b. Semua bagian ekor berwarna hitam, termasuk bulu ekor bagian bawahnya.
c. Bulu di area sayap juga berwarna hitam.
d. Habitat asli dari kacer ini adalah di Filipina, tepatnya di Pulau Cebu Filipina.

2. Kacer niger (Copsychus niger)
Secara keseluruhan, kacer ini tidak jauh berbeda dengan kacer cebu. Adapun ciri-ciri dari kacer yang satu ini adalah sebagai berikut:

a. Memiliki warna bulu tubuh yang hitam legam.
b. Bulu bagian ekor berwarna hitam, namun di bagian bawahnya berwarna putih.
c. Selain itu, di bagian vent kacer ini juga berwarna putih.
d. Sedangkan untuk habitat asli kacer ini berada di Pulau Palawan dan Balabac, Filipina.

Itu tadi adalah profil lengkap kacer lutung atau yang biasa disebut si hitam menawan. Meski pun ada beberapa perbedaan, namun secara umum kacer ini sama dengan jenis kacer lainnya, terutama kacer-kacer di Indonesia. Jadi, untuk urusan makan dan kebiasan, kacer ini pun bisa dibilang mirip dengan kacer pada umumnya. Dan yang membedakan hanyalah warna bulu dan habitatnya saja.