Mengupas Segala Permasalahan Kacer di Lapangan dan Solusinya

Advertisement
Advertisement
Walaupun seekor Kacer biasa dibilang burung kontes, namun bukan berarti burung ini tidak memiliki masalah saat kontes dilangsungkan. Pasalnya, ada saja masalah-masalah Kacer saat kontes berlangsung. Dari mulai tingkah laku Kacer yang aneh sampai kondisi Kacer yang tiba-tiba demam panggung. sebagai pemilik Kacer tentu sudah hal wajib jika Anda mengupas segala permasalah Kacer di lapangan.

Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya agar Anda tahu dan paham bagaimana permasalah Kacer saat kontes. dengan Anda tahu permasalahan tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan pencegahan atau penanganan dari permasalahan-permasalahan Kacer.

permasalahan kacer

Adapun permasalahan yang umumnya menimpa Kacer saat kontes adalah sebagai berikut:

1. Burung Kacer hanya diam saja saat kontes berlangsung
Jika seekor Kacer hanya terdiam saat kontes Kacer berlangsung, maka bisa dipastikan Kacer tersebut kurang persiapan. Adapun persiapan Kacer sebelum lomba sendiri meliputi skill dan mental Kacer.

Sedangkan untuk mengatasi hal ini, Anda bisa lakukan cara-cara berikut:

a. Sebelum kontes berlangsung, sebaiknya Anda latih Kacer dengan masteran yang berkualitas.
b. Jika Kacer diam karena mental yang mlempem, maka cara terbaik untuk melatih mental tersebut adalah dengan memasukan Kacer lain dalam sangkar Kacer tersebut. dengan memasukan Kacer lain, diharapkan semangat bertanding Kacer jadi baik, mental Kacer pun bagus, dan skill Kacer menjadi terasah.

2. Kacer hanya bermain sebentar saat kontes berlangsung
Permasalahan Kacer saat kontes lainnya adalah kondisi Kacer yang hanya bermain sebentar dalam kontes, lalu saat memasuki pertengahan waktu dan akhir, Kacer tersebut akan diam. Hal ini umumnya terjadi karena Kacer terlalu ngotot diawal kontes, sedangkan saat pertengahan dan akhir ini kekurangan tenaga. untuk mengatasi hal ini,

Anda bisa melakukan cara berikut:

a. Melatih Kacer pada kandang umbaran secara rutin.
b. Berikan EF yang cukup dan berkualitas baik.
c. Tingkatkan waktu penjemuran Kacer.

3. Kacer kurang ngotot
Permasalahan ini umumnya terjadi pada Kacer yang belum siap tanding dan belum siap fisik dan mental. Adapun cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:

a. Menambah intensitas berjemur Kacer.
b. Menambah asupan jangkrik dan ulat Hongkong.
c. Melatih fisik Kacer pada kandang umbaran.

4. Kacer yang bersuara serak
Tidak jarang saat lomba dilangsungkan masih saja ada Kacer yang bersuara serak. Hal ini umumnya disebabkan karena over training atau karena asupan pakan yang salah.

Adapun cara mengatasi permasalahan ini adalah sebagai berikut:

a. Mengurangi intensitas berjemur.
b. Mengganti minuman Kacer dengan minuman larutan yang baik untuk kondisi serak.

5. Kacer yang mbagong
Mbagong adalah salah satu kondisi lumrah yang dialami Kacer saat Ia kelelahan, kurang fit, mental yang down, trauma, dan stres. Sedangkan solusi untuk permasalahan Kacer dilapangan ini adalah dengan melakukan cara-cara berikut:

a. Memberikan perawatan mandi malam pada Kacer sebanyak  2 kali dalam 1 minggu.
b. Memberikan perawatan berupa mandi pasir pada Kacer.
c. Memberikan pelatihan kandang umbaran pada Kacer.
d. Mengatur pola pemberian EF pada Kacer.

Dengan mengupas segala permasalahan Kacer di lapangan dan solusinya, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan penanganan permasalahan yang serupa dengan sesegera mungkin. Tapi di luar itu, Anda juga harus memberikan perawatan rutin pada Kacer yang mengalami permasalahan seperti di atas.