Langsung ke konten utama

Mengenal Masalah Kacer di Arena Lomba

Kacer adalah salah satu jenis burung kontes. Dengan memiliki kemampuan berkicau yang baik dan dengan tampilan yang gagah, membuat burung ini memang layak dijadikan burung kontes. Akan tetapi, tidak semua burung selalu tampil prima. Pasalnya, tidak sedikit masalah Kacer di arena lomba. Sehingga burung ini pun sering tidak tampil prima, bahkan tidak jarang juga hanya diam dan tidak mau berkicau.

Masalah yang umumnya terjadi ini penyebabnya beragam. Dari mulai mental yang buruk, usia yang belum matang, over birahi (OB), sampai masalah lain yang menyebabkan burung ini bermasalah saat lomba.

kacer lomba

Jika memang masalah-masalah ini muncul, sebaiknya lakukan penanganan dengan segera. Adapun masalah-masalah tesebut adalah sebaga berikut:

1. Burung Kacer hanya diam saja
Masalah ini biasanya disebabkan karena burung demam panggung dan tidak memiliki mental yang buruk.
2. Burung Kacer hanya bermain sebentar
Masalah Kacer di lomba  ini biasanya terjadi saat burung terlalu ngotot saat awal-awal lomba sehingga pada pertengahan Ia akan kehabisan tenaga dan berhenti berkicau. Hal ini biasanya diakibatkan karena pengaturan menu EF yang salah, perawatan yang kurang tepat, juga karena penjemuran yang tidak optimal.
3. Burung Kacer kurang ngotot
Kondisi ini terjadi apabila burung kurang mengonsumsi EF. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena stamina burung yang memang sedang kurang prima.
4. Burung Kacer sedang serak
Kondisi ini juga sering terjadi saat lomba. Sedangkan penyebabnya sendiri umumnya terjadi karena burung mengonsumsi air minum yang kotor, cuaca yang ekstrim, juga karena pemberian jangkrik yang salah.
5. Burung Kacer yang ngeruji
Masalah yang kerap menimpa Kacer saat lomba adalah ngeruji. Hal ini terjadi biasanya burung akan sering menempelkan badannya ke ruji sangkar. Sedangkan hal ini umumnya disebabkan karena burung yang sedang OB.
6. Burung Kacer yang memiliki volume suara yang kecil
Masalah ini umumnya terjadi pada burung yang memiliki pita suara yang tipis. Hal ini adalah hal yang alami dan umumnya terjadi pada burung yang berpita suara tipis. Dan yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan memaksimalkan tenaga dan meningkatkan volume Kacer agar lebih kencang.
7. Burung Kacer kurang bergaya
Masalah ini biasanya ditandai dengan tindakan pasif burung dalam berkicau. Jika biasanya mengeluarkan gaya ngobra atau yang lainnya, saat kondisi ini burung akan cenderung pasif dalam berkicau.
8. Burung yang mbagong
Mbagong adalah masalah yang sering dialami Kacer di lomba, dan keluar saat burung sedang dalam kondisi kurang sehat, kalah mental, kaget, dan trauma.

Masalah di atas adalah masalah yang sangat umum terjadi pada Kacer, baik itu di latberan lokal maupun nasional. Dengan mengenal masalah Kacer di arena lomba seperti di  atas, diharapkan Anda mampu mencegah timbulnya masalah-masalah ini.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…