Mengenal Masalah Kacer di Arena Lomba

Advertisement
Advertisement
Kacer adalah salah satu jenis burung kontes. Dengan memiliki kemampuan berkicau yang baik dan dengan tampilan yang gagah, membuat burung ini memang layak dijadikan burung kontes. Akan tetapi, tidak semua burung selalu tampil prima. Pasalnya, tidak sedikit masalah Kacer di arena lomba. Sehingga burung ini pun sering tidak tampil prima, bahkan tidak jarang juga hanya diam dan tidak mau berkicau.

Masalah yang umumnya terjadi ini penyebabnya beragam. Dari mulai mental yang buruk, usia yang belum matang, over birahi (OB), sampai masalah lain yang menyebabkan burung ini bermasalah saat lomba.

kacer lomba

Jika memang masalah-masalah ini muncul, sebaiknya lakukan penanganan dengan segera. Adapun masalah-masalah tesebut adalah sebaga berikut:

1. Burung Kacer hanya diam saja
Masalah ini biasanya disebabkan karena burung demam panggung dan tidak memiliki mental yang buruk.
2. Burung Kacer hanya bermain sebentar
Masalah Kacer di lomba  ini biasanya terjadi saat burung terlalu ngotot saat awal-awal lomba sehingga pada pertengahan Ia akan kehabisan tenaga dan berhenti berkicau. Hal ini biasanya diakibatkan karena pengaturan menu EF yang salah, perawatan yang kurang tepat, juga karena penjemuran yang tidak optimal.
3. Burung Kacer kurang ngotot
Kondisi ini terjadi apabila burung kurang mengonsumsi EF. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena stamina burung yang memang sedang kurang prima.
4. Burung Kacer sedang serak
Kondisi ini juga sering terjadi saat lomba. Sedangkan penyebabnya sendiri umumnya terjadi karena burung mengonsumsi air minum yang kotor, cuaca yang ekstrim, juga karena pemberian jangkrik yang salah.
5. Burung Kacer yang ngeruji
Masalah yang kerap menimpa Kacer saat lomba adalah ngeruji. Hal ini terjadi biasanya burung akan sering menempelkan badannya ke ruji sangkar. Sedangkan hal ini umumnya disebabkan karena burung yang sedang OB.
6. Burung Kacer yang memiliki volume suara yang kecil
Masalah ini umumnya terjadi pada burung yang memiliki pita suara yang tipis. Hal ini adalah hal yang alami dan umumnya terjadi pada burung yang berpita suara tipis. Dan yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan memaksimalkan tenaga dan meningkatkan volume Kacer agar lebih kencang.
7. Burung Kacer kurang bergaya
Masalah ini biasanya ditandai dengan tindakan pasif burung dalam berkicau. Jika biasanya mengeluarkan gaya ngobra atau yang lainnya, saat kondisi ini burung akan cenderung pasif dalam berkicau.
8. Burung yang mbagong
Mbagong adalah masalah yang sering dialami Kacer di lomba, dan keluar saat burung sedang dalam kondisi kurang sehat, kalah mental, kaget, dan trauma.

Masalah di atas adalah masalah yang sangat umum terjadi pada Kacer, baik itu di latberan lokal maupun nasional. Dengan mengenal masalah Kacer di arena lomba seperti di  atas, diharapkan Anda mampu mencegah timbulnya masalah-masalah ini.