Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan

Advertisement
Advertisement
Jika Anda sudah bergelut dengan budidaya atau memelihara Kacer (baca: ternak kacer), Anda mungkin sering mendapati Kacer yang sering mengacak-acak pakan bukan? Ya, perilaku ini memang sangat sering dilakukan oleh seekor burung, dan tidak terkecuali dengan Kacer. Sedangkan untuk sebab dari perilaku ini sendiri beragam, dari mulai Kacer yang gemar memilih makanan, Kacer yang sedang cacingan, atau bahkan karena Kacer sedang mengalami stres.

Jika penyebab dari masalah ini karena cacingan, maka hal yang wajib Anda lakukan adalah dengan memberikan obat cacing khusus burung pada Kacer kesayangan Anda. Akan tetapi, jika penyebabnya karena Kacer tersebut sedang stres, maka cara terbaik adalah dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan stres yang diderita oleh sang burung.

kacer mengacak pakan, kacer makan

Adapun cara untuk menghilangkan stres tersebut adalah dengan cara:

1. Memindahkan burung ke tempat yang ideal, tidak terlalu brisik, tidak terlalu ramai, dan terhindar dari predator dan pengganggu lainnya.
2. Memberikan kredong pada sangkar Kacer.
3. Menambah intensitas mandi, bila perlu Anda bisa memandikan Kacer pada jam 9 malam. Hal ini berguna untuk mengurangi tingkat stres yang diderita oleh Kacer.

Cara-cara di atas sangatlah baik digunakan apabila penyebab dari masalah ini adalah karena stres. Tapi, bila penyebabnya adalah karena sikap Kacer yang selektif, bagaimana cara untuk mengatasi Kacer yang sering mengacak-acak pakan tersebut?

Jika penyebab dari masalah ini adalah karena sikap Kacer yang over selektif, maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan cara-cara sebagai berikut:

1. Menggunakan tempat makan yang tertutup
Jika Anda menggunakan cara ini, maka pakan-pakan yang berserakan di lantai sangkar akan sedikit, bahkan tidak ada. Selain untuk meminimalisir pakan yang berserakan, hal ini juga akan mengajarkan Kacer untuk makan apapun pakan yang telah disediakan tanpa perlu memilah dan memilih pakan mana yang akan mereka makan.

2. Pemasangan karpet di dasar sangkar
Cara mengatasi Kacer yang sering mangacak-acak pakan ini sebenarnya tidak bertujuan untuk mengurangi tingkat selektifitas dari Kacer. Akan tetapi, cara ini berguna untuk memudahkan Anda dalam membersihkan sisa pakan Kacer yang berserakan di lantai sangkar.

Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri adalah sebagai berikut:

a. Pasangakan karpet ini di atas bagian sangkar yang biasa digunakan untuk tempat Kacer makan.
b. Setelah itu, jika sudah terpasang, Anda biarkan Kacer makan sesuai dengan yang Ia inginkan.
c. Saat Kacer makan dan berserakan, sisa-sisa pakan yang berserakan itu akan jatuh di atas karpet yang telah kita pasang.
d. Jika Kacer sudah selesai makan, Anda bisa menangkat dan menarik karpet serta sisa pakan tersebut untuk dibersihkan.

Itulah cara-cara mengatasi Kacer yang sering mengacak-acak pakan. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan penanganan-penanganan seperti di atas, alangkah baiknya Anda periksa peneybab dari sikap Kacer yang seperti itu. Hal ini di samping untuk mengetahui penyebab masalah ini, juga untuk memudahkan kita dalam memilih dan menentukan penganan apa yang tepat untuk masalah Kacer tersebut.