Mencegah dan Mengatasi Kebotakan Pada Kacer

Advertisement
Advertisement
Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, bila seekor Kacer akan memiliki bulu yang lebih indah saat Ia sudah melewati masa mabung. Masa mabung sendiri adalah masa dimana seekor burung berganti dari bulu yang lama ke bulu mereka yang baru.

Akan tetapi apa jadinya bila masa mabung tersebut berlangsung lama? Apakah bulu-bulu Kacer akan tampak lebih bagus dan indah atau Sebaliknya?

kebotakan kacer, kacer botak

Perlu Anda katahui, bila seekor Kacer mengalami masa mabung yang terlalu lama, maka hal yang paling mungkin terjadi adalah Kacer tersebut terkena jamur yang mengakibatkan kebotakan. Jika Kacer kesayangan Anda sudah botak, apakah Kacer tersebut masih terlihat cantik? Pasti tidak bukan?

Maka dari itu, sebelum kebotakan ini terjadi, Anda harus melakukan beberapa cara untuk mencegah kebotakan pada Kacer.

Mencegah Kebotakan Pada Kacer
Sebelum Anda mengetahui apa saja tindakan untuk mencegh kebotakan ini, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab kebotakan pada Kacer.

Adapun penyebab-penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

1. Faktor genetik.
2. Kondisi suhu dan kelembaban di sekitar Kacer tidak wajar.
3. Penyakit yang diderita Kacer.
4. Tungau yang menyerang Kacer.
5. Jamur.
6. Kekurangan asupan nutrisi yang cukup saat mabung.
7. Kacer teralu sering dipaksa bereproduksi.

Adapun cara untuk mencegah kebotakan ini adalah dengan menghindari ketujuh masalah di atas. Selain itu, Anda pun harus melakukan proses perawatan Kacer yang baik dan benar, terlebih lagi saat Kacer tersebut sedang dalam proses mabung.

Cara Mengatasi Kebotakan Pada Kacer
Jika Kacer kesayangan Anda sudah terlanjur mengalami kebotakan, maka cara untuk mengatasi kebotakan pada Kacer kesayangan Anda adalah dengan cara seperti berikut:

1. Berikan perawatan, suplemen, dan multivitamin secara rutin pada Kacer. Di samping itu, Anda pun harus senantiasa menjaga asupan nutrisi dari pakan yang Ia konsumsi, baik itu protein, mineral, iodium, vitamin, dan beberapa nutrisi lainnya.
2. Jika penyebab kebotakan tersebut disebabkan karena tungau, maka hal wajib yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan obat anti tungau pada Kacer tersebut. Adapun cara mengunakannya adalah seperti berikut:

a. Siapkan obat anti tungau seperti BirdFresh yang sudah Anda beli dari toko burung.
b. Setelah itu oleskan obat tersebut ke bangian tubuh Kacer yang mengalami kebotakan.
c. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan hal ini secara rutin.

3. Jika penyebab kebotakan ini karena jamur, maka Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengoleskan obat anti jamur ke bagian tubuh Kacer yang botak.

Itu tadi adalah cara untuk mencegah dan mengatasi kebotakan pada Kacer. Oh ya, selain melakukan tindakan pencegahan dan penanganan, Anda pun harus menjaga kondisi Kacer tersebut agar senantiasa terjaga, terutama untuk kondisi kesehatan Kacer.