Manfaat Mandi Hujan untuk Kacer

Advertisement
Advertisement
Air hujan memang sering dihindari oleh manusia, dengan anggapan bahwa air tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi hal yang berbeda berlaku pada Kacer. Pasalnya, air hujan ini sangat baik untuk kesehatan dan performa burung itu sendiri. Maka dari itu, mandi hujan untuk burung ini sangatlah dianjurkan, terutama untuk Kacer kontes yang ingin meningkatkan performannya.

Tapi, mengapa mandi hujan ini dianjurkan untuk seekor burung? Tahukah Anda, seekor burung akan berkicau dengan keras saat turun hujan. Pasalnya, mereka akan gembira dan senang bermain air hujan. Dengan alasan seperti itulah mengapa perawatan ini dianjurkan. Akan tetapi, selain alasan tadi, ada beberapa alasan lain mengapa mandi huja ini sangat baik untuk seekor burung. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak materi dibawah ini.

kacer mandi

Beberapa Manfaat Mandi Hujan untuk Kacer
Sebenarnya ada beberapa manfaat mandi hujan untuk Kacer, dengan manfaat itulah perawatan mandi hujan ini dianjurkan untuk dilakukan. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan stres yang sedang dialaminya
2. Meningkatkan birahi.
3. Meningkatkan metabolisme.

Tapi manfaat diatas tidak begitu saja didapatkan dari semua jenis hujan. Pasalnya, Anda harus memilih jenis dan kondisi hujan yang seperti apa yang cocok untuk proses perawatan ini. Adapun kondisi hujan yang dianjurkan untuk perawatan ini adalah sebagai berikut:

1. Hujan yang tidak terlalu lebat dan tidak disertain angin kencang.
2. Hujan yang turun direntang waktu pagi dan siang hari.
3. Hindari hujan yang turun direntang siang dan sore hari, karena hujan tersebut mengandung asam yang berbahaya untuk kesehatan burung.

Untuk mendapatkan manfaat mandi hujan bagi burung secara maksimal, Anda juga harus melakukan beberapa tips-tips khusus. Adapun tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakan sangkar yang kuat dan tidak gampang rusak karena air hujan.
2. Masukan Kacer pada keramba keramba mandi, lalu biarkan Ia bermain dengan guyuran hujan dan keramba mandinya.
3. Untuk mempercepat proses penjodohan, Anda bisa memasukan sepasang burung Kacer pada satu sangkar yang sama. Setelah itu, Anda bisa membiarkan mereka bermain hujan setidaknya selama 10-30 menit.
4. Untuk Kacer yang masih liar atau giras, metode ini juga bisa dijadikan sebagai metode penjinakan Kacer.  Jadi, jika Anda masih memiliki burung yang liar dan giras, Anda bisa membiarkan mereka bermain hujan selama 20 menit. Nah baru setelah itu Anda bisa memberinya ulat Hongkong sebanyak 2 ekor.

Itu tadi adalah beberapa manfaat mandi huja untuk Kacer. Tapi ingat, walaupun perawatan ini baik untuk burung ini, bukan berarti bisa dilakukan kapan pun. Pasalnya, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan dari burung itu sendiri. Tentu Anda tidak ingin bukan membiarkannya hujan-hujanan dengan kondisi yang sakit? Maka dari itu, lakukanlah perawatan ini hanya apabila burung sedang dalam kondisi yang sehat dan bugar saja.