Gejala Stres Pada Kacer dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Kacer memang senantiasa diunggulkan dalam kontes burung. Selain karena Ia bersuara merdu, Ia juga memiliki banyak sekali variasi dan pertunjukan skill berkicau yang memukau. Dengan alasan itulah mengapa Kacer sering disebut-sebut sebagai rajanya kontes burung kicau.

Tapi tahukah Anda, jika tidak semua Kacer memiliki skill, mental, dan gaya berkicau yang memukau. Pasalnya, tidak sedikit Kacer yang memberikan penampilan buruk saat kontes, sedangkan penyebab dari hal ini sendiri beragam.

kacer stres

Dan salah satu penyebab buruknya penampilan Kacer adalah kondisi Kacer yang sedang stres. Maka dari itu, sebelum Anda mengikut sertakan Kacer-Kacer Anda ke kontes, sebaiknya terlebih dahulu memeriksa apakah ada gejala stres pada Kacer Anda. Jika ada, maka urungkan niat Anda untuk mengikut sertakan Kacer tersebut ke kontes. Namun jika tidak ada, maka silahkan daftarkan Kacer tesebut menjadi peserta kontes, mudah bukan?

Lalu, apa saja gejala yang menunjukan seekor Kacer sedang stres? Dan jika pun ada, bagaimana cara mengatasi ini semua? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak materi berikut.

Gejala Stres Pada Burung Kacer dan Cara Mengatasinya
Sebelum kita membahas mengenai penanganan masalah stres pada Kacer, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa saja gejala stres pada burung, termasuk Kacer.

Adapun gejala-gajala yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kacer akan terlihat lemas.
2. Bulu Kacer akan menggembung.
3. Kacer akan kehilangan nafsu makannya.
4. Kacer yang stres biasanya akan melukai dirinya sendiri dengan cara menabrak-nabrakan tubuhnya ke jeruji sangkar.
5. Mencabuti bulunya sendiri.
6. Tubuh Kacer akan lemas dan berat badannya pun akan berkurang.

Jika Anda dapati keenam tanda-tanda di atas, maka cara untuk mengatasi stres pada Kacer ini adalah sebagai berikut:

1. Tempatkan Kacer pada lingkungan yang kondusif, tenang, dan terhindari dari hal-hal yang membuatnya stres.
2. Berikan kredong pada sangkar Kacer untuk menenangkan Kacer.
3. Jika burung sedang stres seperti saat ini, sebaiknya hentikan proses pemandian rutin. Tapi, jika Anda memang benar-benar ingin memandikan Kacer kesayangan Anda ini, sebaiknya lakukan jika memang kondisi Kacer sudah benar-benar tenang.
4. Berikan Ia asupan pakan alami seperti EF secara rutin dan dalam takaran yang cukup.
5. Durasi masa penyembuhan stres ini mungkin akan berlangsung selama 5 minggu. Untuk itu, demi menjaga kesehatan Kacer, Anda haruslah menjaga asupan makanan bagi Kacer. Selain itu, Anda pun harus senantiasa menjaga kebersihan dan pemberaian pakan yang baru untuk Kacer.

Itu tadi adalah gejala stres pada Kacer dan cara mengatasinya. Anda bisa menggunakan cara-cara di atas untuk merawat Kacer-Kacer kesayangan Anda yang sedang stres. Tapi di luar perawatan di atas, Anda juga harus menjaga kebersihan dari kandang Kacer. Selain itu, Anda juga harus menjaga lingkungan di sekitar sangkar Kacer agar tetap tenang dan kondusif. Selain untuk menjaga Kacer agar tidak stres, hal ini juga sangat baik untuk masa penyembuhan Kacer selama stres.