Cara Merawat Kacer di Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Cara merawat Kacer di musim hujan sejatinya tidak jauh berbeda dengan pola perawatan burung lain pada hari-hari biasa. Hanya saja pada perawatan di musim hujan haruslah mendapatkan perawatan dan perlakukan yang khusus. Perawatan dan perlakukan itu sendiri umumnya untuk menjaga kondisi kesehatan, stamina, dan skill Kacer itu sendiri.

Tentu Anda tidak mau bukan memiliki burung yang memiliki skill dan stamina yang jelek saat musim hujan? Maka dari itu, lakukanlah pola perawatan khusus pada burung saat musim hujan berlangsung. Pasalnya, dengan perawatan-perawatan seperti ini kondisi kesehatan dan fisik Kacer jauh lebih terjaga.

kacer musim hujan

Cara Merawat Kacer di Musim Hujan
Untuk menjaga kondisi Kacer agar senantiasa fit dan sehat saat musim hujan, seorang pemilik burung diwajibkan untuk menerapkan cara-cara merawat burung tersebut di musim hujan sebagai berikut:

1. Pemberian kerodong pakan yang ekstra
Saat musim hujan biasanya kondisi suhu jadi menurun dan berakibat pada kondisi Kacer. Adapun akibat yang paling umum terjadi adalah kondisi Kacer yang kedinginan dan mudah lapar. untuk mengatasi kedinginan pada Kacer, biasanya seorang pemilik Kacer akan mengkerodong sangkar Kacer.

Sedangkan untuk mengatasi Kacer yang mudah lapar, biasanya pemilik burung akan menambahkan jatah EF pada Kacer. Jika biasanya Kacer diberikan 2-3 ekor jangkrik di pagi dan sore hari, maka saat musim hujan ini berlangsung, burung umumnya akan diberikan 3-4 ekor pada dan sore hari.

2. Menempatkan sangkar Kacer ke tempat yang hangat
Cara merawat Kacer saat musim hujan berikutnya adalah dengan menempatkan sangkar Kacer pada tempat-tempat hangat. Adapun tempat favorit yang sering digunakan untuk menempatkan sangkar saat musim hujan adalah di dalam rumah. Hal ini selain menghangatkan, juga akan mencegah timbulnya penyakit pada burung yang disebabkan karena hujan dan udara dingin.

3. Mencuri waktu berjemur
Saat musim hujan, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mencuri-curi waktu berjemur Kacer. Hal ini bisa dibilang penting karena seekor Kacer sangat membutuhkan sinar matahari untuk kesehatan tubuhnya. Jadi, saat ada sinar matahari sebaiknya Anda langsung jemur burung tersebut dengan segara.

4. Menggunakan lampu penghangat
Cara merawat burung Kacer di musim hujan berikutnya adalah dengan memberikan lampu pijar pada sangkarnya. Ya, lampu pijar atau lampu penghangat akan menghindarkan burung dari udara yang dingin. Selain itu, lampu ini juga bisa berguna untuk menggantikan peran matahari saat musim hujan berlangsung. Tapi ingat, jika ada sinar matahari muncul, Anda juga harus tetap menjemur burung tersebut. Pasalnya, seekor Kacer sangat membutuhkan sinar tersebut untuk kesehatan tubuhnya.

Nah, cara-cara untuk merawat Kacer di musim hujan di atas sangatlah baik untuk Anda ikuti. Selain untuk menjaga kondisi kesehatannya agar tetap fit dan sehat, cara-cara di atas juga sangat berguna untuk menjaga stamina burung saat musim hujan berlangsung. Tapi di luar itu semua, Anda juga bisa memberikan multivitamin burung untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat dan fit.