Cara Mencegah dan Menghilangkan Kutu Pada Kacer

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya dalam mencegah dan menghilangkan kutu pada Kacer itu gampang-gampang susah. Pasalnya, terkadang untuk menghilangkan parasit tersebut dari Kacer sangatlah mudah, tapi di lain kesempatan hal ini juga sangatlah sulit. Walaupun cara dan metode yang kita gunakan itu sama, terkadang hasil yang didapatan setiap peternak pasti berbeda-beda. Lalu, apa yang memengaruhi masalah ini? metodekah? Atau karena alat dan bahan yang kita gunakan salah?

Dalam mengatasi masalah ini, seorang peternak umumnya menggunakan obat anti kutuyang dijual di toko-toko burung. Selain lebih efektif, cara ini juga dipercaya mampu menghilangkan parasit tersebut dengan cepat dan singkat. Akan tetapi, selain cara menghilangkan kutu pada Kacer dengan obat anti kutu, Anda juga menggunakan cara altenatif untuk mengatasi masalah ini.

kutu kacer

Adapun cara-cara untuk mengatasi kutu burung adalah sebagai berikut:

1. Obat anti kutu
Obat ini bisa Anda dapatkan di toko-toko burung terdekat di kota Anda. Adapun cara untuk menggunakan obat ini sendiri adalah sebagai berikut:

a. Mandikan Kacer sampai benar-benar bersih dan tehindari dai debu atau kotoran apa pun.
b. Setelah bulu Kacer sudah kering, semprotkan obat anti kutu ini pada bulu Kacer yang disinyali sebagai tempat bersarang kutu.
c. Setelah disemprotkan, Anda bisa mulai untuk mencari dan mengangkar kutu-kutu tesebut dari bulu Kacer.

2. Air cucian beras
Cara untuk mengatasi kutu pada burung Kacer adalah cara yang alami. Pasalnya, selain kaena cara ini menggunakan air beras sebagai bahan utama, cara ini juga tidak akan menimbulkan kerusakan zat lilin pada bulu Kacer. Adapun cara untuk menghilangkan kutu pada bulu burung ini adalah sebagai berikut:

a. Masukan air cucian beras ini pada sprayer secukupnya.
b. Setelah itu, Anda mandikan kace sampai benar-bena bersih dan tehindari dai debu dan kotoran yang menempel.
c. Selanjutnya, jika bulu Kacer sudah setengah kering, Anda bisa memulai untuk menyemprotkan air cucian bras tersebut pada bulu Kacer.
d. Kemudian Anda lanjutkan dengan proses pengangkatan kutu-kutu yang bersarang pada bulu Kacer.

Ingat, selain melakukan tindakan penanganan, Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan. Adapun cara mencegah timbulnya parasit berupa kutu pada burung Anda itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Senantiasa menjaga kebersihan sangkar Kacer.
2. Menjaga kebersihan cepuk, tempat makan, dan minum Kacer.
3. Usahakan senantiasa mencuci kredong Kacer setiap 2 kali dalam seminggu.
4. Mandikan Kacer secara rutin minimal 1 kali dalam sehari.

Itu tadi adalah cara mencegah dan menghilangkan kutu pada Kacer. Jika Anda ingin menghilangkan dan mencegah burung kesayangan Anda dari kutu, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas. Tapi ingat, yang paling utama dalam pencegahan dan penanganan kutu ini adalah kebersihan. Jadi, jika kondisi tubuh, lingkungan, sangkar, asesoris Kacer itu tidak bersih, maka jangan harap Anda maksimal dalam melakukan proses pencegahan dan penaganan kutu pada burung kesayangan Anda.