Cara Mengatasi Kacer yang Diare atau Sakit Mencret

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi Kacer yang diare atau sakit mencret tidaklah sama dengan cara yang dilakukan manusia untuk penyakit yang sama. Jika manusia mengatasi masalah diare, Ia hanya perlu meminum obat diare saja, lalu sembuh. Terus, bagaimana dengan Kacer? Apakah bisa melakukan cara yang sama? Tentu tidak, karena tidak ada obat diare berbentuk pil untuk Kacer.

Jika tidak ada obat untuk mengatasi diare Kacer, lalu bagaimana cara kita untuk mengatasi penyakit ini? Ingat, diare atau mencret itu bukan penyakit yang bisa kapan saja menyerang. Akan tetapi, Ia timbul karena adanya lingkungan yang tidak sehat yang kita tinggali. Untuk itu, dalam mencegah diare pada burung, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan pakan, kandang, dan tubuh dari burung itu sendiri.

kacer diare, kacer mencret

Lalu, jika Kacer kesayangan kita sudah terkena diare bagaimana? Apakah ada cara untuk mengatasi Kacer yang diare? Ada, untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda simak materi di bawah ini.

Cara Untuk Mengatasi Kacer yang Diare atau Sakit Mencret
Sebelum Anda mengetahui bagaimana mengatasi diare pada burung, apakah Anda tahu bagaimana ciri-ciri seekor burung yang sedang mengalami diare?

Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Burung akan terlihat lemas.
2. Faces burung terlihat encer dan cair.
3. Burung yang diare umumnya akan kehilangan nafsu makan.
4. Burung akan senantiasa terlihat melamun dan gelisah.
5. Tubuh burung yang sedang diare umumnya akan senantiasa bergetar.

Kelima ciri tadi adalah tanda atau gejala dari burung yang sedang diare. Apabila Anda mendapati tanda-tanda seperti di atas pada Kacer Anda, maka sebaiknya Anda lakukan cara penanganan Kacer diare seperti berikut ini:

1. Bersihkan Kacer dan sangkar Kacer secara menyeluruh. Adapun jika Anda menadapati kotoran atau sisa makanan yang menempel pada sangkar Kacer, maka segeralah bersihkan.
2. Selain membersihkan sangkar Kacer, Anda juga harus membersihkan dan mensterilkan tempat makan dan minum Kacer. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko penularan diare yang diakibatkan karena tempat makan dan minum Kacer yang kotor dan tidak terawat.
3. Untuk menjaga kondisi tubuh Kacer agar senantiasa fit dan kuat, Anda harus selalu memberikan asupan suplemen pada Kacer yang sedang diare. Pasalnya, dengan kondisi Kacer yang seperti ini, Ia sangat memerlukan asupan nutrisi dan vitamin yang hanya Ia dapatkan dari mengonsumsi suplemen.

Itu tadi cara-cara untuk mengatasi Kacer yang sedang diare atau sakit mencret. Jika memang Kacer Anda sedang sakit diare, Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk diterapkan ke pengobatan Kacer Anda. Tapi ingat, jika kodisi Kacer tidak membaik meski pun sudah dirawat dan disembuhkan sedemikian rupa, maka sangatlah wajib bagi Anda untuk membawa Kacer tersebut ke dokter hewan. Selain untuk dilakukan tindakan penanganan, hal ini juga berguna untuk mencegah kondisi Kacer yang semakin memburuk karena penanganan yang kurang maksimal.