Cara Memandikan dan Menjemur Kacer

Advertisement
Advertisement
Memandikan dan menjemur Kacer merupakan salah satu perawatan dari rangkaian perawatan yang harus Anda lakukan. Di samping untuk mendapatkan kualitas Kacer yang baik, hal ini juga sangat berguna untuk menjaga dan merawat kesehatan Kacer itu sendiri. Nah untuk itu, di luar menjaga kualitasnya itu sendiri, hal ini juga sangat wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dari burung kesayangan Anda.

Perawatan seperti ini adalah perawatan yang harus Anda lakukan setiap hari, di sampin memberikan pakan untuk burung. Nah sebagai perawatan rutin, perawatan ini pun harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat. Selain untuk memaksimalkan hasil, cara yang tepat juga sangat berguna untuk mengurangi resiko penyakit yang bisa saja datang dari kesalahan saat kita melakukan perawatan ini.

menjemur kacer

Cara-Cara Memandikan dan Menjemur Kacer
Sebagai pemilik Kacer yang baik, apa Anda sudah tahu cara memandikan dan menjemur burung kesayangan Anda? Jika Anda belum tahu, berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan untuk memandikan dan menjemur burung kesayangan Anda:

1. Memandikan Kacer
Dalam memandikan burung yang satu ini, Anda harus melakukan cara-cara sebagai berikut:

a. Sebelum dimandikan pastikan Kacer sudah diangin-anginkan selama 15 menit.
b. Jika sudah, lalu Anda lanjutkan dengan proses memandikan Kacer.
c. Proses pemandian Kacer sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan keramba mandi, atau dengan spray.
d. Jika Anda gunakan keramba, maka Anda cukup biarkan Kacer tersebut bermain dan mandi pada keramba tersebut. Akan tetapi, jika Kacer enggan untuk mandi di keramba, maka Anda bisa menggunakan spray sebagai solusinya.
e. Alat spray digunakan untuk menyemprotkan air pada tubuh Kacer. Dengan demikian, tubuh Kacer akan basah tanpa perlu harus mandi menggunakan keramba. Tapi ingat, gunakan alat spray ini dengan hati-hati. Pasalnya, jika air yang disemprotkan mengenai mata Kacer, maka akan membuat Kacer tersebut panik dan kaget.
f. Nah jika proses pemandian sudah selesai, Anda bisa mengangin-anginkan Kacer selama 10 menit sebelum nantinya dijemur.

2. Menjemur Kacer
Cara menjemur Kacer sebenarnya tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu melakukan cara-cara mudah sebagai berikut:

a. Siapkan sangkar Kacer.
b. Tempatkan sangkar dan Kacer tersebut pada tempat penjemuran yang sudah disiapkan. Ingat, pastikan tempat tersebut nyaman untuk Kacer.
c. Lakukan penjemuran setidaknya 1-2 jam sehari di bawah sinar matahari.
d. Hindari penjemuran di atas jam 10 pagi. Karena sinar matahari di atas jam 10 pagi sangatlah tidak baik untuk kesehatan Kacer dan kecantikan bulu Kacer. Sinar matahari pada jam 10 pagi akan merusak dan mengurangi kadar lilin pada bulu Kacer. Nah jika zat lilin tersebut berkurang maka sangat besar kemungkinan bulu Kacer akan sulit kering dan tidak mengkilap.

Itu adalah cara-cara memandikan dan menjemur Kacer. Anda bisa lakukan cara-cara diatas untuk merawat Kacer kesayangan Anda. Tapi ingat, walaupun perawatan di atas dapat meningkatkan kualitas burung, tapi Anda juga harus senantiasa melatih dan memperdengarkan masteran padanya. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan burung akan memiliki skill dan kemampuan yang memadai.