Beberapa Penyebab Kacer Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Merawat dan memelihara Kacer memang menyenangkan (baca: ternak kacer). Namun dibalik keasyikan merawat Kacer, terkadang ada saja masalah yang terjadi. Dan salah satu masalah yang umumnya dialami pemilik adalah burung yang mati mendadak. Ya, hal ini sekali terjadi, padahal beberapa jam sebelum kematiannya burung ini tersebut lincah dan gesit. Lalu, apa penyebab Kacer mati mendadak?

Ada beberapa hal yang menyebabkan seekor burung bisa mati mendadak. Baik Kacer, Murai Batu, Lovebird, atau burung kicauan lainnya, memiliki penyebab kamatian mendadak yang hampir sama.

penyakit kacer

Penyebab Kacer Mati Mendadak
Menurut beberapa pengalaman pecinta Kacer, seekor Kacer bisa mati mendadak karena disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Stroke
Seekor Kacer bisa saja mati karena Ia terkena stroke secara mendadak. Sedangkan penyebab utama dari stroke pada Kacer ini sendiri biasanya karena panas yang berlebihan. Ya, hal ini memang bisa saja terjadi, tertuma bagi Kacer-Kacer yang melakukan penjemuran yang berlebihan dan lebih dari 2 jam.

2. Over stres
Penyebab burung Kacer mati mendadak berikutnya adalah karena stres yang berlebihan. Ya, stres memang sangat beresiko burung pada Kacer, apalagi jika kadar stres tersebut berlebihan. Maka dari itu, untuk menghindari kematian mendadak pada Kacer, sebaiknya perlakukanlah Kacer-Kacer Anda dengan baik dan buat mereka senyaman mungkin. Hal ini untuk menghindarkan stres yang dapat menyebabkan kematian pada Kacer.

3. Burung terkontaminasi polusi udara
Pulisi udara adalah salah satu musuh terbesar burung dalam bertahan hidup saat ini. Pasalnya, banyak sekali gas buang mesin dan industri yang mengandung racun berbahaya untuk burung. Sehingga saat mereka menghirupnya, mereka akan sakit dan efek burung dari hal ini adalah kematian mendadak dari burung itu sendiri.

4. Mengonsumsi makanan yang beracun
Sama halnya dengan polusi udara, makanan yang beracun juga salah satu dari beberapa penyebab Kacer mati mendadak. Pasalnya, banyak sekali makanan Kacer terutama EF yag mengandung racun yang berbahaya untuk Kacer itu sendiri. Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda jaga asupan pakan Kacer dengan baik dan hindarkan Kacer Anda dari racun dan zat kimia.

5. Pemberian pakan yang tidak wajar
Tidak jauh berbeda dengan pemberian pakan yang beracun, pemberian pakan yang tidak wajar juga meningkatkan resiko kematian mendadak bagi Kacer. Mungkin Anda akan beranggapan jika beberapa pakan akan meningkatkan stamina dan skill Kacer. Akan tetapi, pada kenyataan sebenarnya pakan-pakan tersebut malah akan membahayakan Kacer itu sendiri, apalagi jika pemberian pakan berlebihan.

Ingat, dalam merawat Kacer, selain memperhatikan performa dan stamina, Anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan Kacer itu sendiri. Anda boleh boleh saja memberikan EF dengan kadar dan jenis tertentu. Tapi ingat, Anda juga harus memahami apakah kandungan dari EF tersebut berbahaya atau tidak? Selain itu, hindari juga pemberian pakan yang berlebihan pada Kacer.