Tips Teknik Melatih Mental Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) adalah salah satu burung yang banyak diminati untuk saat ini, Ia memiliki suara dan penampilan yang baik sebagai seekor burung yang gemar berkicau (download: suara murai batu). Selain itu beberapa juga memiliki mental yang sangat baik, sehingga Ia akan bekicau dimana pun Ia berada. Akan tetapi tidak semua Murai memiliki mental seperti itu, ada saja Murai yang memiliki mental mlempem.

Sehingga saat Murai tersebut dibawa ke latber  mereka sama  sekali tidak mau bunyi, begitu pun saat dibawa ke kontes. Lalu, adakah cara untuk mengatasi permasalahan ini? Tentu saja ada, yang perlu Anda lakukan adalah dengan melatih mental Murai Batu agar memiliki mental fighting yang baik.

murai batu mental bagus, murai mental bagus

Tips dan Cara melatih Mura Batu Agar Bermental Baik
Untuk membuat Murai Batu memiliki mental yang baik, Anda haruslah melakukan pelatihan khusus. Tujuanya sangatlah sederhana, yaitu agar Murai memiliki mental petarung yang baik dan berkwalitas.

 Nah adapun cara yang bisa digunakan untuk melatih mental Murai tersebut adalah sebagai berikut:

1. Siapkan 2 ekor Murai dalam sangkar masing-masing, sedangkan siapkan juga Murai Anda dengan keadaan sangkar yang dikredong. Setelah itu gantung sangkar Murai Anda, dan biarkan Murai lain dilantai dengan rentang jarak sekitar 4-5 meter antara satu sangkar dengan yang lainnya.
2. Setelah itu biarkan Murai yang dibawah saling sahut-sahutan dan gacor.
3. Setelah itu Anda harus perhatikan Murai Anda yang berada di dalam sangkar, apakah ikut berkicau atau tidak? jika iya, maka tunggulah sampai Murai Anda antusias dalam berkicau.
4. Setelah dirasa antusias, bukalah kredong yang menutupi sangkar sampai setengah bagian. Setelah itu tunggulah beberapa saat.
5. Jika Murai sudah mengintip dari celah kredong, maka bukalah kredong tersebut selama 5 menit dan biarkan Murai-Murai tersebut berada kicauan. Setelah 5 menit berlalu, barulah Anda tutup kembali.
6. Untuk menghasilkan kesempurnaan dalam hasil, Anda bisa melakukan teknik melatih mental Murai Batu ini selama 2 kali putaran.
7. Jika sudah 2 kali putaran, Anda bisa pisahkan Murai Anda dari Murai-Murai yang lain. caranya dengan menggantangkan burung ini ke tempat yang lebih sepi dan biarkan Ia berkicau sendirian.
8. Bila perlu berikan vitamin alami OrBird untuk membuat kondisi fisik dan psikis nya menjadi lebih stabil.

Tips teknik melatih mental burung Murai Batu di atas bisa Anda terapkan untuk Murai yang memiliki mental down. Jika hasilnya masih kurang baik, Anda bisa melakukan cara ini berulang-ulang kali sampai Ia mau untuk berbunyi dan bermental baik.