Tips Merawat Murai Batu agar Tetap Sehat

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah jenis burung yang gampang-gampang susah untuk dirawat. Terkadang seorang breeder kesulitan untuk merawat burung ini, terutama breeder yang masih junior. Memang untuk merawat seekor Murai tidaklah terlalu sulit atau pun gampang, selain kita harus tahu trik dan cara merawat Murai dengan baik dan benar (baca: ternak murai batu).

Tapi yang jelas dalam merawat burung ini agar tetap sehat, Anda harus mengutamakan beberapa hal seperti, kebersihan, pola makan, dan yang jelas adalah perawatan kesehatan itu sendiri. Ya ketiga hal ini menjadi pakem tersendiri untuk merawat MB, khususnya agar Ia tetap sehat.

murai batu sehat

Berbicara mengenai perawatan Murai, Anda tentu sudah tahu bukan cara perawatan yang baik dan benar? Untuk merawat burung ini agar sehat pun tidak jauh berbeda dengan model perawatan seperti, hanya saja ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam perawatan yang ini.

Tapi yang jelas, baik perawatan unuk menjaga kesehatan, maupun perawatan yang baik dan benar, keduannya adalah sama-sama perawatan untuk menjaga kondisi Murai agar tetap terjaga, baik stamina, kualitas, maupun kesehatan. Lalu, bagaimana pola perawatan tersebut?

Cara Merawat Murai Batu Agar Tetap Sehat
Umumnya perawatan ini digunakan untuk merawat kondisi Murai, terutama kondisi kesehatannya. Jadi dalam perawatan ini yang ditekankan di sini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan Murai Batu sendiri.

Lalu, apa dan bagaimana tips merawat Murai Batu agar tetap sehat seperti yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips dan cara yang dimaksud:

1. Pola makan
Aturlah pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Murai. Ingat, janganlah memberikan extra food (EF) yang berlebihn untuk Murai, begitu pun yang sebaliknya. karena hal ini akan memicu berbagai macam penyakit seperti, mata bengkak jika berlebihan EF, dan yang jelas malnutrisi karena kekurangan EF. Tidak hanya itu, Anda juga haus memperhatikan cara pemberian EF tersebut.

Kita ambil contoh, jika Anda memberikan EF seperti jangkrik, maka Anda harus memberikan serangga itu dengan keadaan tubuh yang tanpa kepala, tanpa sayap, dan tanpa kaki. Karena, jika Anda memberikan serangga itu dalam keadaan utuh, maka hal yang terjadi adalah serangga tersebut akan melukai tenggorokan Murai, disamping serangga tadi akan terbang karena masih memiliki sayap.

2. Penempatan kandang
Selain pakan, Anda pun harus mengatur letak dan kondisi kandang, terutama sangkar. Karena jika posisinya terlalu ramai, maka Murai akan mudah stres dan ujung-ujungnya Ia akan mudah sakit. Selain itu, ukuran dan kebersihannya pun harus dijaga, Anda tidak mau bukan memiliki Murai yang sakit hanya karena kandang yang terlalu kecil dan kotor? Idealnya untuk ukuran kandang dan sangkar, sebaiknya kondisikan agar lebih besar dan pas untuk ekor Murai, hal ini untuk mencegah cedera pada ekornya. Selain itu, Anda pun harus menjaga kebersihan kandang. karena kandang yang kotor akan mengakibatkan Murai mengalami sakit seperti diare dan sebagainya.

Tips dalam merawat Murai Batu agar tetap sehat di atas adalah tips dasar yang harus dilakukan seorang breeder. Selain tips di atas, Anda pun harus memberikan multivitamin pada Murai. Tujuannya sangat sederhana, yaitu agar Murai tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari penyakit. Berikan vitamin OrBird yang memiliki khasiat yang kompleks.