Langsung ke konten utama

Tips Merawat Murai Batu agar Tetap Sehat

Murai Batu adalah salah jenis burung yang gampang-gampang susah untuk dirawat. Terkadang seorang breeder kesulitan untuk merawat burung ini, terutama breeder yang masih junior. Memang untuk merawat seekor Murai tidaklah terlalu sulit atau pun gampang, selain kita harus tahu trik dan cara merawat Murai dengan baik dan benar (baca: ternak murai batu).

Tapi yang jelas dalam merawat burung ini agar tetap sehat, Anda harus mengutamakan beberapa hal seperti, kebersihan, pola makan, dan yang jelas adalah perawatan kesehatan itu sendiri. Ya ketiga hal ini menjadi pakem tersendiri untuk merawat MB, khususnya agar Ia tetap sehat.

murai batu sehat

Berbicara mengenai perawatan Murai, Anda tentu sudah tahu bukan cara perawatan yang baik dan benar? Untuk merawat burung ini agar sehat pun tidak jauh berbeda dengan model perawatan seperti, hanya saja ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam perawatan yang ini.

Tapi yang jelas, baik perawatan unuk menjaga kesehatan, maupun perawatan yang baik dan benar, keduannya adalah sama-sama perawatan untuk menjaga kondisi Murai agar tetap terjaga, baik stamina, kualitas, maupun kesehatan. Lalu, bagaimana pola perawatan tersebut?

Cara Merawat Murai Batu Agar Tetap Sehat
Umumnya perawatan ini digunakan untuk merawat kondisi Murai, terutama kondisi kesehatannya. Jadi dalam perawatan ini yang ditekankan di sini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan Murai Batu sendiri.

Lalu, apa dan bagaimana tips merawat Murai Batu agar tetap sehat seperti yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips dan cara yang dimaksud:

1. Pola makan
Aturlah pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Murai. Ingat, janganlah memberikan extra food (EF) yang berlebihn untuk Murai, begitu pun yang sebaliknya. karena hal ini akan memicu berbagai macam penyakit seperti, mata bengkak jika berlebihan EF, dan yang jelas malnutrisi karena kekurangan EF. Tidak hanya itu, Anda juga haus memperhatikan cara pemberian EF tersebut.

Kita ambil contoh, jika Anda memberikan EF seperti jangkrik, maka Anda harus memberikan serangga itu dengan keadaan tubuh yang tanpa kepala, tanpa sayap, dan tanpa kaki. Karena, jika Anda memberikan serangga itu dalam keadaan utuh, maka hal yang terjadi adalah serangga tersebut akan melukai tenggorokan Murai, disamping serangga tadi akan terbang karena masih memiliki sayap.

2. Penempatan kandang
Selain pakan, Anda pun harus mengatur letak dan kondisi kandang, terutama sangkar. Karena jika posisinya terlalu ramai, maka Murai akan mudah stres dan ujung-ujungnya Ia akan mudah sakit. Selain itu, ukuran dan kebersihannya pun harus dijaga, Anda tidak mau bukan memiliki Murai yang sakit hanya karena kandang yang terlalu kecil dan kotor? Idealnya untuk ukuran kandang dan sangkar, sebaiknya kondisikan agar lebih besar dan pas untuk ekor Murai, hal ini untuk mencegah cedera pada ekornya. Selain itu, Anda pun harus menjaga kebersihan kandang. karena kandang yang kotor akan mengakibatkan Murai mengalami sakit seperti diare dan sebagainya.

Tips dalam merawat Murai Batu agar tetap sehat di atas adalah tips dasar yang harus dilakukan seorang breeder. Selain tips di atas, Anda pun harus memberikan multivitamin pada Murai. Tujuannya sangat sederhana, yaitu agar Murai tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari penyakit. Berikan vitamin OrBird yang memiliki khasiat yang kompleks.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…