Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi dan Tidak Kembung

Advertisement
Advertisement
Kacer adalah salah satu burung dengan kemampuan berkicau yang baik (baca: suara kacer). Ia pun memiliki skill dan mental yang baik, terutama dalam bertanding di kontes. Akan tetapi tidak semua burung memiliki skill tersebut.

Maka dari itu, pemilik Kacer harus melatih dan merawat burung ini agar memiliki skill tersebut. Selain itu, dengan kondisi cuaca seperti ini, seorang pemilik Kacer juga harus merawat burung kesayangan mereka tidak sakit dan kembung.

kacer bunyi, kacer tidak kembung

Jika Anda punya burung ini dan ingin melakukan semua perawatan di atas, Anda bisa mengikuti tips merawat Kacer agar rajin bunyi dan tidak kembung yang biasa dilakukan oleh pemilik Kacer pada umumnya.

Adapun tips dan cara perawatan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Saat jam 7 pagi, Anda harus memandikan burung ini dengan cara disemprot atau pun dimandikan dengan keramba.
2. Agar burung nyaman, Anda juga harus membersihkan kandang burung secara rutin minimal sehari sekali. Jangan lupa, Anda juga harus mengganti voer dan air minum Kacer secara rutin.
3. Lakukanlah penjemuran minimal 1-2 jam sehari, dan itu pun dilakukan dibawah jam 10 pagi. Tapi ingat, dalam melakukan perawatan ini, Anda harus menjauhkan Kacer dari jenis burung yang lain. Selain untuk menjaga mood Kacer, hal ini juga berguna untuk menjaga birahi dan mental Kacer itu sendiri.
4. Tips merawat Kacer agar cepat bunyi lainnya adalah dengan memberikan EF. Sedangkan jenis EF yang baik untuk membuat burung rajin bunyi adalah jangkrik, ulat, dan kroto. Pemberiannya sendiri dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Lalu, untuk jumlahnya sendiri adalah 2 ekor untuk jangkrik dan 1 sendok untuk kroto untuk sekali pemberian.
5. Saat Kacer sudah makan, tepatnya jam 11 siang, Anda bisa memberikan pelatihan pada Kacer. Lakukanlah pelatihan Kacer dengan memperdengarkan masteran pada burung ini.
6. Nah pada jam 3 sore, Anda bisa menggantang burung ini lalu memberinya pakan berupa jangkrik 3 ekor.

Setelah semua tips merawat Kacer agar rajin bunyi di atas Anda lakukan, maka lanjutkanlah dengan mengkredong sangkar Kacer dari jam 5 sore sampai pagi hari. Untuk melatih skill Kacer agar semakin baik, Anda bisa memperdengarkan masteran pada burung ini.