Tips Merawat Burung Kacer Agar Tetap Sehat dan Berkicau Merdu

Advertisement
Advertisement
Burung kicau adalah salah satu burung yang paling populer di Indonesia karena memiliki suara yang merdu dan enak untuk didengar. Tidak hanya itu, penampilannya yang gagah membuat para pecinta burung kicau jatuh cinta dan berniat untuk memiliki dan merawatnya. Akan tetapi, untuk merawat burung Kacer agar tetap sehat dan bersuara merdu itu tidak mudah.

Pasalnya, Anda harus menerapkan pola perawatan yang baik dan benar. Adapun dalam pola perawatan tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

kacer berkicau merdu, kacer merdu, kacer berkicau

1. Pakan.
2. Kandang.
3. Perawatan.
4. Kandang.

Semua hal-hal di atas sangatlah berpengaruh untuk kualitas kesehatan dan skill Kacer itu sendiri. Jadi, bila Anda ingin memiliki burung yang sehat dan bersuara merdu, maka Anda harus menjamin keempat hal-hal diatas. Disamping memperhatikan hal-hal diatas, Anda juga harus memperhatikan perawatan yang Anda berikan.

Cara Merawat Burung Kacer Agar tetap Sehat dan Merdu
Agar pola perawatan Anda efektif dan benar, berikut adalah tips merawat burung Kacer agar tetap sehat dan bersuara merdu:

1. Pada jam 7 pagi, gantunglah burung pada teras rumah untuk diangin-anginkan selama 30 menit.
2. Jika sudah, lanjutkan dengan proses pemandian. Lakukan proses pemandian ini pada keramba mandi. Akan tetapi, jika burung Anda tidak bisa mandi sendiri, Anda bisa menggunakan hand skriper untuk menyemprotkan air pada tubuh burung.
3. Jika proses pemandian ini selesai, lanjutkan dengan proses penjemuran yang berlangsung sekitar 1-2 jam.
4. Jika proses penjemuran ini selasai, Anda bisa angin-anginkannya selama 10 menit sebelum nantinya dikerodong.
5. Saat proses pengerodongan, berikanlah voer dan 3 ekor jangkrik pada cepuk. Tapi ingat, Anda juga harus menjaga kebersihan dari sangkar tersebut dengan membersihkan sisa pakan dan kotoran burung.
6.  Pada jam 1-3 siang, Anda bisa melakukan proses pemasteran pada burung.
7. Nah jika proses pemasteran sudah selesai, Anda bisa melanjutkan proses berikutnya dengan menggantangkan sangkar Kacer pada halaman rumah.
8. Saat proses penggantangan ini berlangsung, Anda bisa memberikannya ini 2 ekor jangkrik.
9. Pada jam 6 sore, Anda bisa tutup kegiatan Kacer dengan mengredongnya sampai esok hari. Di samping itu, Anda juga bisa memutar masteran Kacer saat proses pengerodongan ini berlangsung.

Nah, itu tadi adalah tips merawat Kacer agar tetap sehat dan bersuara merdu. Akan tetapi ingat! disamping cara-cara diatas, Anda juga bisa memberikan burung Anda tersebut multivitamin burung untuk menambah daya tahan tubuhnya. Dengan cara ini diharapkan burung akan terhindar dari penyakit dan gangguan kesehatan.