Tips Menjaga Kualitas Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu burung kontes, maka dari itu Ia harus memiliki stamina, kualitas suara (download: suara murai batu), dan kesehatan yang baik. kerena jika seekor Murai tidak memiliki hal-hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Murai tersebut tidak akan menjuari lomba (baca: cara merawat murai batu sebelum lomba).

Lalu jika bisa dipastikan tidak juara, masihkah Anda berniat untuk mengikutsertakan Murai tersebut? Atau Anda perbaiki dan menjaga kualitas Murai tersebut agar menjuarai kontes? Tentu Anda ingin menjaga kualitasnya bukan? Lalu adakah cara untuk menjaga skill beserta kualitas burung ini? Ada, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

murai batu berkualitas, murai berkualitas, kualitas murai, kualitas murai batu

Tips dan Cara Menjaga Kualitas Murai Batu
Sebagai seorang breeder atau pemilik Murai, tentu barang wajib untuk menjaga kualitas hewan peliharaanya bukan? Tidak hanya menjaga kualitas skill, seorang breeder juga harus menjaga kualitas kesehatan Murai.

Adapun cara menjaga kualitas burung Murai Batu yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Menjaga mental Murai
Untuk menjaga kualitas Murai agar selalu baik, Anda harus menjaga mentalnya. Sedangkan untuk menjaga mental tersebut Anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut:

a. Saat Murai baru selesai ngurak, sebaiknya jangan bawa burung tersebut ke lapangan.
b. Jangan lakukan trek saat Murai baru selesai mabung.
c. Untuk burung Murai yang masih muda, sebaiknya jangan terlalu sering diadu. karena hal itu akan mengakibatkan mental yang down. Alangkah baiknya Anda adu Murai ini dengan Murai yang memiliki kualitas yang sama.

2. Menjaga fisik Murai
Tips menjaga kualitas Murai berikutnya adalah dengan menjaga kondisi fisik Murai. adapun cara-caranya adalah sebagi berikut:

a. Melakukan proses mandi setiap 2 hari sekali, dan melakukan proses penjemuran selama 1 -2 jam sehari.
b. Selain melatih skill, Anda juga harus menjaga asupan nutrisi dan makanan Murai. Anda bisa memberikan Voer sebagai pakan utama, sedangkan untuk menambah nutrisi burung Murai Anda bisa menambahkan beberapa extra food seperti jangkrik dan kroto setiap harinya.
c. Anda harus menyesuaikan situasi, pakan, dan kandang agar senantiasa nyaman dan baik untuk Murai.
d. berikan multivitamin OrBird yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh burung.

3. Menjaga kebersihan sangkar Murai
Dalam menjaga kualitas Murai Batu, Anda pun perlu merawat kebersihan dari sangkar burung ini. Adapun hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan sangkar adalah sebagai berikut:

a. Menjaga kebersihan sangkar setiap hari dari kotoran.
b. Menjaga kebersihan kredong dengan cara mencucinya.
c. Setelah sarang dicuci, sebaiknya Anda lanjutkan dengan menjemurnya untuk menjaga sarang agar terbebas dari jamur dan kuman.

Selain tiga hal di atas, Anda juga perlu menjaga isian suara Murai Batu. Karena dengan cara ini Murai akan memiliki kualitas suara. Tidak hanya itu, cara ini juga membantu Murai untuk memiliki variasi suara yang lebih banyak, karena mengingat Murai juga mampu menirukan suara hewan ataupun burung lain.