Tips Agar Murai Batu Cepat Ngeplong

Advertisement
Advertisement
Ada Berbagai macam macam cara agar Murai Batu cepat ngeplong. Akan tetapi, beberapa breeder hanya menggunakan cara-cara tertentu saja untuk digunakan. Sedangkan untuk cara itu sendiri adalah cara yang melingkupi pemberian pakan, pelatihan, serta perawatan. Ya,menurut para breeder, ketiga hal ini menjadi hal utama dalam membuat Murai yang berkualitas.

Sedangkan untuk penerapannya sendiri, ketiga hal ini harus diterapkan setiap hari. Sebenarnya tujuan penerapa tiga hal tadi sangatlah sederhana, yaitu agar Murai mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, memiliki tubuh yang bersih, dan yang paling penting adalah agar Murai mendapatkan pelatihan yang bisa menunjang skill.

murai batu ngeplong, murai ngeplong

Tips Agar Murai Batu Cepat Ngeplong
Murai Batu adalah jenis burung yang gemar berkicau, sama seperti burung lain (baca: suara murai batu), Ia juga harus mendapatkan extra treatment agar memiliki kualitas yang baik. Sama seperti pembahasan di atas, untuk mendapatkan kualitas yang unggul seorang breeder haruslah memberikan perawatan ekstra. Entah itu mandi, pakan khusus, ataukah pemberian pelatihan menggunakan masteran, tapi yang jelas perawatan tersebut haruslah mendongkrak performa dari Murai itu sendiri.

Adapun tips agar Murai Batu cepat ngeplong adalah seperti berikut:

1. Pemberian pakan khusus
Untuk menunjang performa Murai, seorang breeder haruslah menggunakan beberapa jenis serangga untuk makanan ekstra. Serangga itu bisa berupa belalang, jangkrik, kroto, ulat Hongkong, ulat kandang, dan beberapa sedangga lain yang umumnya dikonsumsi Murai saat di hutan. Akan tetapi, khusus kroto dan jangkrik, Anda harus memberinya setiap hari. Sedangkan untuk porsinya sendiri, untuk sehari Anda bisa memberikan 4 ekor jangkrik dan 1 ½ sendok kroto di pagi hari, sedangkan untuk sorenya Anda bisa memberikan 3 ekor jangkrik dan 1 ½ sendok kroto. Serangga ini bertujuan untuk meningkatkan birahi Murai. Harapannya, jika birahi Murai sudah tinggi maka Ia pun akan berkicau dan ngeplong. Jangan lupa berikan vitamin terbaik, pilih OrBird sebagai vitamin pilihan.

2. Pemandian dan penjemuran
Untuk mandi dan jemur, Anda bisa menerapkannya setiap hari pada Murai Batu. Kenapa setiap hari? Karena dengan cara ini Murai akan memiliki kualitas setamin yang baik, hal itu juga bertujuan agar Murai Batu lebih cepat ngeplong dengan perawatan mandi dan berjemur yang Ia jalani. Sedangkan untuk perawatan mandinya sendiri, Anda bisa memandikan Murai ini dengan cara disemprot, tapi Anda juga bisa membiarkan Ia mandi sendiri di keramba mandi yang bisa Anda siapkan. Sedangkan untuk berjemur, Anda bisa menjemur Murai apabila Ia sudah kering dari air sisa mandi, sedangkan untuk waktunya usahakan jangan sampai lebih dari jam 10 pagi.

3. Pemasteran
Penggunaan masteran adalah salah satu cara untuk memancing Murai agar ngeplong. Hal ini sangat umum dilakukan, karena dengan cara ini naluri bertarung Murai akan muncul dan berkicau layaknya masteran yang ada. Sedangkan untuk pemasteran sendiri, Anda bisa melakukannya setelah Murai selesai dijemur. Lalu, bagaimana dengan masterannya? Untuk masteran sendiri, Anda bisa menggunakan Murai lain, Lovebird, Pleci, atau jenis burung yang sudah ngeplong lainnya, sedangan untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa memutar MP3 atau rekaman suara burung yang sudah ngeplong untuk diperdengarkan pada Murai.

Tips agar Murai Batu cepat ngeplong di atas bisa Anda praktekan pada Murai Anda. Akan tetapi, selain melakukan perawatan dan pelatihan di atas, jangan lupa juga untuk memberiakan multivitamin pada Murai Anda. Anda tidak mau bukan memiliki Murai yang berkualitas tapi sakit-sakitan? Untuk itu, selain perawatan dan pelatihan, Murai juga harus diberikan asupan vitamin yang cukup.