Tanda Murai Batu Sedang Sakit

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu jenis burung kontes, dengan begitu Ia haruslah terjaga kesehatan dan fisiknya. Kenapa? Karena seekor burung kontes tidak akan bisa bertanding apabila Ia sedang sakit. Selain karena tidak memiliki kondisi yang ideal, seekor Murai yang sakit juga tidak akan menampilkan performa yang baik.

Nah, untuk itu seorang breeder haruslah merawat dan menjaga kesehatan burung ini. Tidak hanya itu saja, seorang breeder juga harus tahu tanda Murai Batu yang sedang sakit. Hal ini bertujuan agar breeder paham dan tahu tindakan penanganan yang tepa dari masalah ini.

murai batu sakit,  murai sakit

Berbicara mengenai tanda-tanda Murai yang sakit. Ada beberapa tanda yang umumnya terjadi, sehingga dengan begitu Anda haruslah peka dan tahu tanda-tanda tersebut untuk mencegah timbulnya penyakit. Lalu, apa saja tanda-tanda tersebut?

Mengenal Tanda-Tanda Murai batu yang Sedang Sakit
Layaknya manusia, seekor burung juga memiliki gejala saat Ia sakit, begitu pun dengan Murai Batu. Saat Ia sakit ada beberapa tanda-tanda khusus.

Lalu, apa dan bagaimana tanda-tanda tersebut? Adapun gejala dan tanda Murai Batu yang sedang sakit adalah sebagai berikut:

1. Nafsu makan yang turun
Apabila Murai sedang sakit, Ia akan mengalami penurunan nafsu makan, bahkan tidak sedikit yang sampai kehilangan nafsu makan. Tidak hanya itu, karena kekurangan nutrisi dan makan, terkadang Murai juga akan lesu dan letih.

2. Gejala pada tubuh
Saat Murai sedang sakit, Ia akan memiliki gejala pada tubuh seperti:

a. Timbulnya benjolan pada tubuh Murai.
b. Murai mengeluarkan ingus.
c. Sendi-sendi Murai terlihat sakit dan tidak sehat, hal itu bisa dilihat dari pembengkakan yang terjadi saat Murai sedang sakit.
d. Pada mata Murai terdapat kelaian, hal itu bisa dilihat dari pembengkakan, benjolan di sekitar mata, dan pandangan mata yang sayu dan terihat sering tertutup.

3. Perilaku Murai
Tanda Murai Batu sedang sakit bisa Anda lihat dari tingkah laku Murai saat berada pada sangkar, jika Murai berperilaku berikut maka dipastikan Murai tersebut sedang sakit.

Sedangkan tanda-tanda tersebut adalah:

a. Tubuh Murai yang sempoyongan.
b. Kehilangan nafsu makan.
c. Murai yang lesu.
d. Murai yang tida bisa bertengger dengan baik.
e. Murai yang sering merentangkan sayap dengan waktu yang lama.
f. Kaki Murai yang sering di angkat satu.

Jika tanda-tanda Murai Batu sakit tersebut muncul, sebaiknya Anda segera lakukan tindakan penanganan. Sedangkan untuk tindakannya sendiri Anda bisa melakukannya sendiri, tapi jika Anda tidak bisa melakukannya maka Anda bisa mendatangi dokter hewan untuk membantu Anda menangani masalah tersebut. Atau berikan OrBird yang sangat efektif dalam membantu memulihkan kondisi burung.