Perawatan Kacer Poci Terbaik

Advertisement
Advertisement
Kacer Poci adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara (baca: jenis kacer). Dengan suara yang indah dan tampilan yang gagah, burung ini memang pantas dinobatkan sebagai salah satu burung favorit untuk dipelihara.

Bahkan tidak hanya memelihara, terkadang mereka pun melombakan burung ini untuk mendapatkan hadiah dan keuntungan tersendiri. Akan tetapi, jika burung ini diikut sertakan ke lomba, tentu Ia harus mendapatkan perawatan khusus.

kacer poci

Perawatan Kacer Poci sendiri hampir sama dengan perawatan burung kicauan lainnya, hanya saja yang membedakan hanyalah masalah extra food (EF) saja. Adapaun perawatan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a. Angin-anginkan burung ini saat jam 7 pagi sampai jam 7.30 pagi.
b. Perawatan harian Kacer Poci berikutnya adalah dengan memandikan burung ini. Sedangkan untuk metode pemandian sendiri bisa Anda lakukan dengan penyemprotan air maupun keramba mandi.
c. Setelah dimandikan, burung harus diangin-anginkan dulu jangan langsung dijemur. Mengangin-anginkan burung ini bisa Anda lakukan selama 10 menit atau sampai bulu burung sudah setengah kering.
d. Jika sudah setengah kering, Anda bisa langsung menjemur burung ini setidaknya 1-2 jam lamannya. Tapi ingat, saat dijemur jangan biarkan kacer melihat burung lain.
e. Bersihkan sangkar burung dari segala kotoran dan debu yang menempel setiap hariannya.
f. Jangan lupa, Anda juga harus mengganti voer dan air minum pada cepuk secara rutin dan berkala.
g. Selain itu, Anda juga harus memberikan 3 ekor jangkrik pada cepuk khusus extra food.
h. Setelah perawatan untuk Kacer Poci di atas selesai Anda lakukan, Anda bisa melanjutkan dengan menggantangkan burung ini dan memperdengarkan masteran pada burung sampai jam 3 sore.
i. Setelah melatih burung dengan menggantangkannya, Anda bisa lanjutkan ke kegiatan berikutnya yaitu mengangin-anginkan burung ini di teras rumah Anda.
j. Setelah itu Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik pada burung ini. Tapi ingat, pemberian jangkrik harus melalui cepuk khusus dan jangan langsung diberikan pada kacer.
k. Jika semua kegiatan tadi sudah Anda laksanakan, Anda bisa mengkredongkan sangkar burung. Hal tersebut Anda lakukan dari jam 6 sore sampai pagi hari.

Perawatan Kacer Poci terbaik seperti di atas bisa Anda contoh dan tiru di rumah. Selain dapat meningkatkan kualitas dari kacer, perawatan ini juga sangat baik untuk menjaga kondisi kacer agar selalu sehat dan bugar. Tapi ingat, Anda juga harus menjaga pemberian pakan dari burung ini. Tujuannya adalah agar burung tetap sehat dan selalu tampil prima tanpa kekurangan gizi makanan.