Perawatan Burung Kacer Anakan Sampai Mabung yang Benar

Advertisement
Advertisement
Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang berniat untuk membeli anakan kacer. Selain karena harganya lebih murah, perawatannya pun bisa dibilang tidak terlalu sulit. Di samping itu, potensi anakan kacer jauh lebih lebih besar daripada kacer dewasa. Pasalnya, seekor anakan lebih mudah untuk dilatih dan ditempa dari pada kacer dewasa.

Akan tetapi, kacer anakan yang biasanya diperjual belikan umumnya belum melewati masa mabung loh. Lalu, tahukah Anda bagaimana perawatan burung kacer anakan sampai mabung yang benar? Perlu Anda ketahui, perawatan untuk anakan kacer haruslah dilakukan dengan baik dan benar.

kacer anakan, anakan kacer

Pasalnnya, di usia mereka yang masih muda, burung-burung ini umumnya tidak memiliki perlindungan diri yang cukup, baik dari penyakit maupun predator.

Perawatan Untuk Kacer Anakan Sampai Mabung
Dalam melakukan perawatan untuk anakan burung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal-hal tersebut adalah:

1. Asupan pakan yang bernutrisi.
2. Sarang yang nyaman.
3. Lingkungan yang aman.
4. Asupan pakan yang cukup.

Sedangkan untuk pola perawatannya sendiri, kacer anakan ini cenderung memiliki pola perawatan yang hampir sama dengan burung kicau pemakan serangga yang masih anakan lainnya. Adapun pola perawatan kacer anakan sampai masa mabung yang benar adalah sebagai berikut:

1. Saat pagi hari dan sore hari, mandikanlah anakan kacer dan jemurlah Ia sampai kering. Hal ini berguna untuk menambah stamina dan meningkatkan kesehatan tubuh kacer.
2. Berikan asupan voer secara rutin dan teratur. Oh ya, jangan lupa berikan juga jenis voer yang terbaik. Selain itu, gantilah voer setiap pagi dan sore hari. Hal ini berguna agar voer-voer tersebut tidak ditumbuhi jamur yang membahayakan kesehatan kacer.
3. Selain voer, berikan juga anakan kacer ini extra food (EF). Pakan tambahan ini sangatlah baik untuk pertumbuhan tubuh anakan. Pasalnya, di dalam EF ini terdapat berbagai jenis nutrisi seperti protein dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah adapun jenis EF yang umum dikonsumsi kacer adalah sebagai berikut:
a. Kroto.
b. Jangkrik.
c. Ulat.
4. Selain voer dan EF, Anda juga harus memberikan anakan burung ini suplemen dan multivitamin. Ingat, dalam proses perawatan anakan kacer, hal ini sangatlah penting. Pasalnya, selain untuk menjaga kesehatan kacer, asupan suplemen juga berguna untuk menjaga kondisi kacer agar tetap prima.

Itulah beberapa perawatan umum burung kecer anakan sampai masa mabung yang benar. Tapi ingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan-perawatan di atas serutin mungkin. Pasalnya, jika Anda tidak melakukan perawatan di atas dengan rutin, maka besar kemungkinan kacer Anda tidak akan berkembang dengan baik.