Penyebab Murai Malas Bunyi

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu jenis burung yang suka berkicau (baca: suara murai batu), tapi terkadang Ia pun malas untuk berbunyi. Jika ditanya mengapa? Maka alasannya sangat banyak, tapi yang jelas jika kondisi ini terjadi maka bisa dipastikan Murai tersebut dalam keadaan stres atau tidak nyaman.

Ya, penyebab Murai malas bunyi memang umumnya seperti itu. Pasalnya, seekor Murai akan malas bunyi apabila keadaan di sekitarnya tidak mendukung, atau bahkan membuat mereka stres. Lalu, saat sudah terjadi seperti ini bagaimanakah tindakan penanganannya? Untuk tahu lebih jelasnya, mari kita simak materi berikut ini.

murai batu berbunyi, murai batu bunyi, murai bunyi

Mengenal Penyebab Murai Batu Malas Bunyi
Walaupun Murai Batu adalah burung kicauan, akan tetapi saat kondisi tertentu Ia akan malas dan enggan untuk berkicau. Mengapa hal ini terjadi? Bisa dikatakan ada penyebab yang mengakibatkan hal ini terjadi.

Adapun beberapa penyebab Murai Batu menjadi malas bunyi adalah sebagai berikut:

1. Kebersihan yang buruk
Entah itu kebersihan kandang maupun kebersihan badan, yang jelas saat keduannya tidak memiliki kebersihan yang baik, maka Murai Batu akan malas untuk berbunyi. Selain itu, jika kondisi tubuh Murai kotor, maka sangat besar kemungkinan Ia akan terserang kutu. Jika sudah terserang kutu, maka Ia pun akan malas untuk berbunyi, dan cenderung menggaruk dan mencabutin bulu-bulunya.

Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan tubuh Murai. Untuk caranya sendiri Anda bisa membersihkan kandang Murai setiap satu minggu sekali, dan membersihkan kotorannya setiap hari. Sedangkan untuk kebersihan tubuh, Anda bisa memandikannya tiap hari.

2. Kondisi yang buruk
Penyebab utama Murai Batu menjadi malas bunyi selanjutnya adalah kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang kurang baik juga akan membuat Murai malas untuk bunyi.

Sedangkan kondisi seperti itu bisa berupa:

a. Lingkungan yang terlalu ramai.
b. Banyaknya ancaman dari hewan lain.
c. Kondisi cuaca yang tidak baik seperti saat hujan atau terlalu panas.

Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya Anda pindahkan sangkar Murai tersebut ke tempat yang lebih tenang dan kondusif.

3. Mental yang rendah
Umumnya saat Murai bermental baik mendapatkan lawan yang gacor, maka Ia akan melawan Murai saingannya tersebut dengan balasan yang seimbang. Akan tetapi jika Murai yang Anda miliki bermental buruk dan mendapatkan lawan yang bemental baik, maka sangat besar kemungkinan burung yang Anda miliki mental yang drop dan jatuh.

Sedangkan untuk menanganinya adalah dengan merehatkan burung tersebut dari pertandingan. Selain itu, Anda juga harus merawat dan melatih burung tersebut agar bermental baik. Untuk pelatihannya sendiri, Anda bisa lakukan dengan pola pelatihan mental yang umumnya dilakukanada Murai Batu.

4. Kegemukan
Murai yang memiliki berat badan berlebih akan menjadi burung yang malas, dengan kata lain Ia juga akan malas untuk berbunyi. Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan porsi makan Murai tersebut, baik porsi pakan utama maupun porsi pakan tambahannya.

Penyebab utama Murai Batu malas bunyi di atas sangat umum terjadi. Maka dari itu Anda harus mengenalinya dengan baik-baik, tujuannya agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dari masalah ini. Berikan OrBird secara rutin, dengan begitu burung murai kesayangan anda akan semangat gacor.