Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Saat Murai Batu dalam kondisi ngelowo bisa dipastikan Ia tidak akan mau bunyi, atau pun ngeplong. Pasalnya, dalam kondisi ini seekor Murai hanya akan mengembangkan sayapnya sembari berkicau dengan suara yang kecil. Jika hal ini terjadi di rumah Anda mungkin bukanlah masalah, tapi jika hal ini terjadi di kontes, maka hal ini akan menjadi masalah.

Dalam kondisi ini MB tidak akan menunjukan performa yang terbaik. Tidak hanya itu, Ia pun akan sering turun dari tangkringan saat kondisi Murai sedang ngelowo. Lalu, apa penyebab MB ngelowo dan bagaimana cara mengatasinya?

murai batu ngelowo, murai ngelowo, murai batu ngebatman, murai ngebatman

Mengenal Murai Batu Ngelowo dan Cara Mengatasinya
Ngelowo atau ngebatman adalah kondisi dimana Murai tidak bisa berkicau dengan performa yang baik. Mereka akan cenderung mengembangkan sayapnya dan berkicau dengan suara yang kecil.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Murai mengalami ngelowo, adapun penyebab atau faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Burung sedang OB atau over birahi.
2. Burung sedang mengalami dorong ekor, atau lebih tepatnya Burung tersebut masih dalam tahap mabung.
3. Penyebab Murai Batu ngelowo selanjutnya adalah apabila Ia sedang mabung Murai sudah diajak ke kontes.
4. Murai Batu muda yang kalah mental setelah bertarung.
5. Proses penjemuran yang berlebihan.
6. Murai Batu yang memang memiliki mental jelek.

Penyebab di atas sangatlah umum terjadi, sedangkan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut:
1. Kurangilah pemberian jangkrik pada MB, karena jangkrik akan menambah birahi burung dan membuatnya menjadi sering ngelowo.
2. Anda bisa memberikan cacing tanah pada burung yang sering ngelowo. Hal ini sangat baik, karena dengan cacing ini birahi Murai akan turun dan menyebabkan burung tersebut tidak ngelowo lagi.
3. Menempatkan Murai tersebut ke kandang umbaran, dan jauhkan jarak tiap tangkringannya. Hal ini dimaksudkan agar Murai lebih sering bergerak dan membuat Murai tidak ngelowo lagi.
4. Penjemuran berlebihan merupakan penyebab Murai Batu ngelowo dan cara mengatasinya adalah dengan mengurangi durasi penjemuran, dari yang 2 jam menjaadi 1 jam saja tidap harinya.
5. Cobalah untuk melakukan pemandian pada malam hari. Hal ini akan mengurangi tingginya birahi Murai, serta menghindarai Murai dari sifat ngelowo.
6. Jika hal ini masih berlanjut, Anda bisa mengatasinya dengan menjodohkan Murai ini dengan lawan jenisnya. Ya Anda bisa menempelkan Murai ini dengan jodohnya selama 1 hingga 1,5 bulan, gunanya untuk menjaga kondisi birahi Murai tersebut agar tetap setabil.
7.Beri multivitamin OrBird.

Ada beberapa yang perlu Anda ingat, yaitu jangan pernah melombakan Murai yang mabung, masih muda, memiliki mental yang jelek, dan Murai yang masih dalam proses dorong ekor. karena hal ini akan menjadi penyebab Murai Batu memiliki sifat ngelowo atau ngebatman saat lomba tersebut digelar.