Penyebab dan Solusi Mengatasi Suara Kacer yang Serak

Advertisement
Advertisement
Saat Kacer sedang serak, Ia akan memiliki suara yang bervolume kecil, tidak nyaring, tidak keras, alunan nada yang dihasilkan tidak bagus, dan pastinya kicauannya akan jelek. Hal ini tentu mempengaruhi penampilan Kacer itu sendiri, terlebih lagi saat Ia mengikuti lomba atau kontes, tentu hal ini akan mempengaruhi nilai.

Suara Kacer yang serak sendiri biasanya terjadi karena beberapa sebab. Entah itu karena masalah pakan yang salah, perawatan yang tidak benar, cuaca yang tidak bersahabat, atau pun karena hal lainnya.

kacer bersuara, suara kacer

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan ini, umumnya seorang pemilik Kacer akan mengatasi permasalahan ini dengan berdasarkan penyebab serak itu sendiri.

Nah dengan penanganan seperti di atas, diharapkan efektifitas dari penanganan tersebut bisa berjalan maksimal. Adapun penyebab dan sulusi mengatasi suara Kacer yang serak itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Suara serak yang diakibatkan karena salah pakan
Pemberian pakan berupa voer yang sudah kedaluwarsa dan kroto yang sudah basi biasanya akan menyebabkan suara serak pada Kacer. Sedangkan untuk mengatasinya Anda bisa memberikan air putih yang bersih dan sehat pada Kacer, selian itu Anda juga harus mengganti semua pakan-pakan basi tersebut dengan pakan yang segar dan sehat.

2. Suara serak yang diakibatkan karena sirkulasi udara yang buruk
Sirkulasi udara yang pengap biasanya akan membuat burung mengalami sesak nafas dan dapat menimbulkan serak juga. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda tempatkan kandang dan sangkar burung pada tempat yang kondusif, nyaman, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

3. Suara serak yang diakibatkan karena terlalu sering ditrek
Penyebab utama suara serak pada Kacer adalah karena Kacer terlalu sering ditrek. Sedangkan untuk mengatasi suara serak yang disebabkan karena masalah ini adalah dengan mengistirahatkan Kacer dari segala bentuk latihan, terutama latihan vokal. Sedangkan untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa memberikan burung ini air mineral yang bersih dan cukup.

4. Suara serak yang diakibatkan karena penjemuran
Perlu Anda ketahui, penjemuran yang dilakukan terlalu lama sangatlah tidak baik untuk Kacer, terutama untuk kualitas suara Kacer. Pasalnya, jika burung ini dijemur terlalu lama suara Kacer akan serak. Tentu Anda tidak ingin bukan memiliki Kacer yang serak? Untuk itu, sebaiknya jemur Kacer dibawah 2 jam, dan hindari penjemuran di atas jam 10 pagi.

Untuk mengatasi Kacer yang serak, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mengistirahatkan Kacer dari berbagai kegiatan yang menyangkut vokal dan suara, baik itu pemasteran atau pun hanya latihan biasa. Dan untuk mempercepat proses penyembuhannya, Anda bisa memberikan burung ini air mineral yang baik dan sehat.