Pentingnya Vitamin Bagi Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu jenis burung pemakan serangga. Akan tetapi, untuk mencerna serangga tersebut Murai juga membutuhkan beberapa vitamin. umumnya vitamin yang diperlukan Murai adalah vitamin B.

vitamin murai batu, vitamin murai

Lalu, dari mana asupan nutrisi tersebut didapatkan? Jika di hutan, seekor Murai biasanya mengkonsumsi makanan seperti serangga yang beraneka ragam, sedangkan dalam serangga tersebut terdapat beberapa nutrisi penting seperti protein, mineral, kalsium, dan beberapa nutrisi lain juga ada di sana.

Lalu, seberapa pentingnya vitamin bagi burung? Sebenarnya tubuh burung sama dengan tubuh hewan lainnya, Ia membutuhkan vitamin dan beberapa zat lain untuk tubuh mereka.

Berbicara mengenai vitamin. Murai Batu adalah burung yang membutuhkan vitamin, khususnya vitamin B. Ada beberapa fungsi vitamin yang sangat vital, terlebih untuk membantu Murai dalam mencerna protein di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi lain yang membuat vitamin ini sangat berguna untuk Murai. Lalu, apa saja jenis vitamin-vitamin tersebut dan apa saja fungsinya? berikut adalah penjelasannya.

Pentingnya Fungsi Vitamin Bagi Murai Batu
Layaknya manusia, MB juga membutuhkan vitamin untuk tubuhnya. Karena terlalu dibutuhkan, terkadang seekor Murai bahkan akan mengalami sakit apabila Ia kekurangan vitamin dan zat gizi lainnya. karena tanpa zat-zat tersebut, Murai tidak akan mudah dalam mencerna makanannya, terutama makanan yang mengandung protein. karena dalam mencerna protein, seekor MB membutuhkan zat lain, dan zat tersebut adalah vitamin.

Lalu, sepenting itukah vitamin? Terus, apa saja vitamin yang penting untuk Murai Batu? sebenarnya banyak sekali vitamin yang baik untuk Murai. Tetapi ada salah satu vitamin yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk Murai, vitamin tersebut adalah vitamin B compleks.

Berikut adalah contoh dari jenis vitamin tersebut:

1. Vitamin B1, zat ini sangat baik untuk jangtung, sistem syaraf, otot, dan membantu mengolah karbohidrat menjadi energi.
2. Vitamin B2, zat ini sangat baik untuk penglihatan Murai. selain itu, zat ini juga baik untuk sel darah merah pada Murai Batu.
3. Vitamin B6, zat ini akan mempermudah proses penyerapan protein oleh tubuh.
4. Vitamin B7, zat ini juga dikenal dengan nama vitamin H dan Bioten. Sedangkan untuk gunanya sendiri, vitamin ini sangat baik untuk petumbuhan bulu ekor Murai.
5. Vitamin B9, zat ini sangat berguna untuk memproduksi sel darah merah dan DNA.

Vitamin sangat penting bagi Murai Batu, untuk seorang breeder membelikan vitamin tambahan untuk hewan ternakan mereka. Akan tetapi vitamin tambahan saja tidaklah cukup, Anda juga harus memberikan MB makanan tambahan, seperti jangkrik, ulat hongkong, maupun extra food lainnya. Berikan pula suplemen dan multivitamin OrBird yang kaya akan nutrisi.