Mengenal Karakteristik dan Ciri Murai Batu Jawa (Larwo)

Advertisement
Advertisement
Begitu banyak jenis Murai Batu (MB) yang tersebar di Indonesia, baik di Sumatera, Kalimantan, maupun Jawa. Sedangkan untuk luar negeri sendiri, burung ini juga menyebar di daerah Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Dengan begitu banyaknya penyebaran burung tersebut, maka tidak heran banyak juga jenis, karakter, dan ciri fisik yang membedakan antara satu dengan yang lain. Walaupun untuk warna bulunya hampir sama, namun ada beberapa perbedaan khusus yang membedakan antara jenis satu dengan jenis yang lainnya.

murai batu jawa, murai jawa, larwo

Berbicara menegenai Murai Batu, ada seekor Murai Batu yang berasal dari Jawa. Nama burung itu adalah Larwo. Menurut warga Jawa, nama ini diambil dari singkatan Larwo sendiri yaitu lare dawo, yang artinya adalah bulu yang panjang. Burung yang juga diberi nama Murai Batu Jawa ini memiliki ciri khusus dari jenis Murai pada umumnya.

Ciri-Ciri Murai Batu Jawa
Beberapa sumber menyebutkan, bahwa burung ini sudah semakin langka di Jawa. Hal yang memicu itu semua adalah perburuan liar yang tidak bisa dibendung. Akan tetapi para breeder (peternak) sudah berusaha untuk mengembangbiakan burung ini di penangkaran mereka. Tujuannya agar burung tersebut tetap lestari dan tetap terjaga kelestariannya.

Adapun ciri-ciri Murai Batu Jawa atau Larwo ini adalah sebagai berikut:

1. Ukuran burung ini jauh lebih kecil dari jenis lainnya.
2. Memiliki garis batas bulu yang berwarna hitam di daerah perut.
3. Memiliki karakter suara yang hampir sama dengan jenis yang lain.
4. Saat Larwo ini berbunyi, bulu-bulu yang ada di kepalanya akan berdiri.
5. Memiliki panjang ekor yag lumayan pendek yaitu 8-10 cm.
6. Untuk variasi suara, burung ini cenderung ngeban.

7. Habitatnya ada di hutan Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.
Demikian profil dari Murai Batu Jawa, secara keseluruhan memang burung ini cenderung sama dengan jenis yang lain. Akan tetapi yang membedakannya adalah ukuran, panjang ekor, dan bulu yang Ia miliki.