Mengenal Ciri dan Karakter Murai Batu Jambi

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) memang sejak dulu menjadi hewan peliharaan yang populer untuk jenis unggas (baca: ternak murai batu), karena untuk kelas unggas, Ia memiliki banyak sekali kelebihan. Tapi yang jelas, banyak orang memelihara burung ini karena karakter suaranya yang khas dan menarik.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis murai yang tersebar di setiap pulau. Akan tetapi yang paling dominan memiliki jenis burung ini adalah Sumatera dan Kalimantan, sedangkan ada juga burung yang berasal dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Dengan habitat penyebaran yang luas, membuat jenis dan varian burung ini pun banyak dan beragam.

murai batu jambi, murai jambi

Berbicara mengenai burung jenis Murai, ada salah satu jenis yang sedang jadi bahan perbincangan di kalangan pecinta burung. Apakah itu? Burung tersebut adalah Murai Batu Jambi. Lalu, apa saja keistimewaan dari burung ini? Untuk menjawabnya, mari kita simak pembahasan berikut.

Mengenal Murai Batu Jambi
Mendengar namanya saja mungkin Anda sudah tahu dari mana asalnya burung ini bukan? Ya, burung ini berasal dari salah satu daerah di Sumatera, lebih tepatnya daerah Jambi. Burung ini adalah salah satu jenis Murai yang banyak di perjual-belikan, karena burung ini masuk ke dalam jejeran Murai yang berkualitas.

Menurut pecinta burung, khususnya pecinta Murai Batu. Burung ini memiliki kicauan yang khas dan enak didengar, Lalu apa saja spesikasi dari burung ini?

1. Habitat asli
Untuk habitat Murai Batu Jambi, tersebar di kawasan Sumatera Selatan, Bengkulu, dan pastinya Jambi.

2. Pola perawatan
Burung ini sama dengan burung kicau yang lain, untuk melatih burung agar gacor seorang breeder harus merawat burung ini dengan baik dan benar.

Adapun pola perawatan yang umum dilakukan peternak pada MB Jambi ini adalah:

a. Memandikan burung setiap hari dengan cara menyemprotkan air pada tubuh burung, atau Anda juga bisa menyiapkan keramba khusus untuk mandi. lakukan proses perawatan ini setiap pagi. Atau jika Anda sibuk, Anda juga bisa memandikan burung ini 2 hari sekali.
b. Anda juga harus menjaga kebersihan kandang, karena kandang yang kotor dapat menularkan berbagai macam penyakit seperti diare dan sebagainya. Untuk itu, Anda bisa membersihkan kandang setiap hari, tujuannya agar burung tetap bersih dan terhindar dari penyakit.
c. Untuk pemberian pakan sendiri, Anda bisa memberikan Voer. Anda bisa mendapatkan makanan tersebut di toko burung terdekat. Sedangka untuk extra food (EF), Anda bisa memberikan serangga seperti jangkrik. Makanan tambahan itu bertujuan agar kualitas suara burung menjadi baik, dan birahi burung menjadi meningkat.

3. Ciri fisik
Sedangkan untuk ciri fisik dari MB Jambi sendiri, burung ini notabene hampir sama dengan Murai yang lain, hanya saja di beberapa bagian tubuh ada sedikit perbedaan.

Adapun ciri-ciri Murai ini adalah:

a. Warna bulu: Burung ini memiliki warna yang didominasi hitam, sedangkan untuk bagian dadanya berwarna coklat dan coklat keemasan. Pangkal ekor burung ini memiliki warna putih sedangkan untuk ekornya sendiri berwarna hitam.
b. Panjang ekor dari burung ini bisa mencapai 10 cm sampai 16 cm.
c. Untuk bagian ekor, burung ini memiliki bentuk yang sedikit terbuka dan melebar.

Mayoritas pemelihara burung Murai Batu Jambi ini mengharapkan suara yang baik dan berwalitas, akan tetapi tidak semua langsung memiliki kualitas seperti. Untuk itu sebagai pemilik, Anda haruslah merawat serta melatih burung ini agar memiliki skill dan kemampuan berkicau yang baik.