Mengatasi Kacer yang Sakit Mata Katarak

Advertisement
Advertisement
Sebagai mana burung kicauan pada umumnya, Kacer juga sering sekali sakit dan mengalami kondisi kesehatan yang burung. Banyak sekali jenis penyakit yang sering menjangkiti tubuh Kacer, dan salah satu penyakit yang sering adalah sakit mata katarak. Umumnya, Kacer yang sakit mata katarak biasanya tidak akan mampu untuk melihat selayaknya Kacer pada umumnya.

Penyababnya sendiri adalah Kacer mengalami penumpukan lemak pada lensa mata dan menyebabkan pandangan seakan berkabut. Jika seekor Kacer menderita katakarak, maka ciri umumnya yang dapat Anda lihat adalah adanya sejenis selaput putih yang menutupi lensa mata Kacer.

kacer sakit mata, kacer katarak

Dengan adanya lapisan tersebut, maka saraf-saraf pada otak tidak akan bisa meneruskan cahaya ke retina mata. Jika sudah begini, maka retina pun tidak dapat meneruskan informasi tersebut ke otak Kacer.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, hanya saja yang paling umum adalah dengan memberikan obat anti katarak pada Kacer.

Adapun cara-cara mengatasi Kacer yang sakit mata katarak yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Lakukan perawaran Kacer sebagai mana biasanya. Hanya saja, Anda harus mengurangi intensitas perawatan itu sendiri. Pasalnya, dengan kondisi kesehatan Kacer yang seperti ini Ia tidak akan sanggup untuk menjalani aktivitas dengan intensitas normal.
2. Jangan lupa, Anda juga harus memberikan Kacer asupan makanan yang cukup. Selain itu, berikan pula asupan makanan yang baik dan bernutrisi.
3. Untuk mempercepat penyembuhan Kacer, selama 1 minggu Anda harus mengganti air minum Kacer dengan air kelapa. Air ini mampu menyembuhkan penyakit mata ini dari dalam, sehingga saat Kacer yang sedang katarak minum ini, maka Ia akan berpeluang sembuh lebih besar.
4. Nah untuk penyembuhannya sendiri, Anda bisa menggunakan obat anti katarak pada burung yang bernama OrBird. untuk obat ini sendiri, Anda bisa mendapatkannya pada toko-toko burung terdekat.

Sedangkan cara pakainya sendiri adalah sebagai berikut:

a. Teteskan obat ini pada mata Kacer yang sedang sakit katarak setiap hari selama 1 minggu.
b. Setelah itu, campurkan 1 tutup botol obat ini dengan 100 ml air kelapa. Berikan air ini 3 kali dalam sehari selama 1 minggu.

Demikian cara-cara untuk mengatasi sakit mata katarak pada Kacer. Di luar cara-cara tersebut, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan Kacer itu sendiri dengan memberinya perawatan rutin. Disamping itu, untuk menjaga kondisi Kacer agar sehat dan bugar, Anda juga bisa memberinya suplemen burung yang banyak dijual di toko-toko burng terdekat.