Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini burung akan enggan mengeluarkan suaranya atau pun berkicau (baca: suara kacer). Bahkan saat burung sedang OB terkadang Ia malah cenderung ngeruji dan turun dari tangkringannya.

Jika hal tersebut terjadi saat hari-hari biasa, mungkin Anda bisa maklumi dan tidak masalah. Tapi coba bayangkan jika hal ini terjadi saat kontes, tentu hal ini akan mengurangi penilaian juri dan membuat burung ini menjadi kalah kontes.

kacer over birahi, kacer birahi

Perlu Anda ketahui, semua jenis burung kicauan pernah mengalami masalah ini. Sedangkan penyebabnya sendiri beragam, dari mulai pakan sampai salah perawatan. Maka dari itu, untuk mencegah kacer yang over birahi, sebaiknya pemilik burung ini harus benar-benar merawat kacer dengan baik dan benar. Sedangkan jika burung ini sudah terlanjur OB, maka hal terbaik adalah dengan melakukan penanganan dengan sesegera mungkin.

Dalam mengatasi kacer yang over birahi, ada hal wajib yang perlu Anda perhatikan. Dan hal tersebut adalah alasan mengapa burung ini mengalami. Perlu Anda ketahui, dengan mengetahui alasan kacer mengalami OB adalah tindakan penanganan yang paling baik.

Pasalnya, dengan cara ini Anda akan dengan mudah menangani masalah dengan se-efektif dan secepat mungkin. sedangkan alasan umum mengapa seekor kacer mengalami OB adalah sebagai berikut:

1. Karena kacer sudah matang dan siap dikawinkan.
2. Karena terlalu banyak mengonsumsi extra food yang menambah birahi.
3. Karena kacer terlalu lama menjalani proses penjemuran.

Perlu Anda ingat, untuk alasan nomor satu, Anda tidak bisa mengatasi over birahi pada kacer selain dengan mengawinkan burung ini dengan burung yang lain. Akan tetapi, untuk alasan yang nomor 2 dan 3, Anda bisa melakukan penanganan dengan cara-cara berikut:

1. Kurangi porsi jangkrik menjadi 2 ekor setiap pagi dan sore hari.
2. Kurangi intensitas berjemur minimal 30 menit sekali berjumur saat burung sedang mengalami OB.
3. Pemberian cacing cukup 2 kali dalam seminggu, itu pun hanya 2 ekor saja setiap pemberian.
4. Perbanyak intesitas mandi, kalau perlu Anda bisa memandikan burung ini sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu, pagi, siang, dan sore hari.
5. Lakukan proses pengembunan dari jam 5 pagi sebelum melakukan aktifitas lainnya.

Nah, itu tadi adalah cara mengatasi kacer yang sedang over birahi. Ingat, lakukan cara ini saat OB kacer disebabkan karena burung ini terlalu banyak berjemur dan mengkonsumsi extra food. Akan tetapi, saat OB burung disebabkan karena hal yang alami, yaitu karena burung ingin kawin. Maka Anda wajib mengawinkan burung ini dengan burung kacer yang lain.