Mengatasi Kacer Kanibal yang Suka Mencabuti Bulunya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Kacer adalah salah satu burung kicauan yang memiliki bulu yang indah. Akan tetapi, terkadang keindahan tersebut akan hilang saat burung ini mencabuti bulu-bulunya sendiri, atau yang sering disebut kanibal.

Hal ini memang wajar, terutama saat burung sedang mengalami over birahi (OB) yang parah. Bahkan di beberapa kasus, hal seperti ini bisa mengakibatkan kebotakan bagi burung. untuk itu, masalah ini haruslah diatasi dnegan segera. Tentu Anda tidak ingin bukan memiliki burung yang botak?

kacer kanibal, kacer mencabuti bulunya sendiri

Perlu Anda ketahui, mengatasi Kacer kanibal yang suka mencabuti bulunya sendiri itu tidaklah sulit. Pasalnya, Anda hanya perlu merubah sedikit perawatan saja. Sedangkan perawatan itu sendiri menyangkut perawatan kebersihan, mandi, dan pemberian pakan.

Adapun cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan cara-cara sebagai berikut:

1. Lakukan karantina
Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri adalah burung yang sedang over birahi. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini Anda harus melakukan karantina pada burung ini. Caranya adalah dengan memisahkan burung pada tempat lain dan terpisah dari semua kawanan Kacer. Sedangkan tujuan mengapa Anda harus melakukan hal ini adalah agar birahi Kacer stabil.

2. Hentikan pemberian extra food
Cara ampuh untuk mengatasi Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri adalah dengan menghentikan pemberian pakan tambahan.

Sedangkan untuk jenis pakan tambahan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Jangkrik.
b. Ulat.
c. Kroto.
d. Dan pakan lainnya yang memancing birahi Kacer.

3. Pola mandi Kacer
Saat Kacer sedang birahi dan melakukan tindakan pencabutan bulunya sendiri, Anda sebaiknya tambah intensitas mandi Kacer. Jika biasanya Anda memandikan burung ini pada pagi dan sore hari, maka saat OB Anda bisa memandikan burung ini pada siang hari.

4. Pantau perkembangan burung
Saat kondisi Kacer sudah membaik dan sudah mulai berhenti mencabuti bulu, Anda bisa kembali memberikan burung ini pakan ekstranya. Hal ini untuk menghindari malgizi yang bisa saja terjadi saat Kacer tidak mengonsumsi extra food.

Nah, itu tadi cara-cara mengatasi Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri. Tapi ingat, dalam melakukan cara-cara di atas, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan dari Kacer itu sendiri. Apabila kondisinya sakit, maka Anda harus memberikan juga selain memberikan perawatan di atas. Selain itu, perawatan-perawatan di atas membutuhkan proses agar hasilnya maksimal, jadi Anda harus sabar dalam melakukan perawatan-perawatan di atas.