Memahami Kenakalan Kacer dan Solusinya

Advertisement
Advertisement
Kenakalan Burung Kacer sebenarnya bisa diartikan sebagai perilaku abnormal, sehingga akan mengganggu penampilan dan performa burung itu sendiri. Jika kenakalan ini muncul pada hari-hari biasa, mungkin tidak masalah.

Tapi jika kenakalan ini muncul saat lomba, tentu hal ini akan menjadi masalah besar baginya. Pasalnya, juri akan memberinya nilai yang jelek, dan itu pasti akan membuat pemilik burung itu kecewa.

kacer nakal

Kenakalan ini sebenarnya bisa diatasi, hanya saja Anda harus melakukan cara-cara khusus untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, untuk mengatasi masalah ini Anda juga harus memahami kenakalan Kacer itu seperti apa. Dengan memahami hal tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penanganan yang tepat dan baik untuk Kacer itu sendiri.

Adapun cara-cara untuk mengatasi kenakalan Kacer adalah sebagai berikut:

1. Kacer salto
Kenakalan ini umumnya disebabkan karena Kacer sedang dalam kondisi OB. Selain itu, penyebab lain dari masalah ini biasanya adalah karena kondisi sangkar yang kurang nyaman.

Adapun cara untuk mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:

a. Berikan full kredong pada sangkar Kacer.
b. Mengurangi pemberian EF.
c. Menaikan tangkringan agar Kacer tidak leluasa untuk salto.

2. Kacer yang kanibal atau mencabuti bulunya sendiri
Kenakalan ini umumnya disebabkan Kacer kalah mental dan stres. Adapun solusi untuk mengatasi kenakalan Kacer ini adalah sebagai berikut:

a. Lakukan karantina dan pindahkan Kacer ke kandang umbaran.
b. Setelah itu hentikan pemberian EF pada Kacer.
c. Birikan Kacer pakan berupa voer dan pakan kering saja.

3. Kacer anjlok
Kenakalan ini dikenal juga dengan istilah turun tangkringan. Saat kondisi ini terjadi di kontes, maka sangat besar kemungkinan Kacer tersebut akan mendapat nilai yang burung dari juri. Adapun cara untuk mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:

a. Dengan menaruh beberapa balok es pada dasar sangkar.
b. Meletakan ranjau bola pada sangkar Kacer.
c. Meletakan beberapa karet pentil di dasar sangkar Kacer.

4. Kacer ngruji
Kenakalan ini umumnya terjadi karena kondisi Kacer yang sedang OB. Sedangkan untuk mengatasi hal ini, Anda harus melakukan cara-cara sebagai berikut:

a. Mengurangi asupan EF.
b. Memberikan larutan penyegar secukupnya pada Kacer.
c. Memberikan jenis buah-buahan seperti pisang dan pepaya pada Kacer.
d. Menganti sangkar yang memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk sebelumnya.

Selain memahami kenakalan Kacer dan solusinya, Anda juga harus menjaga kesehatan dan mentalnya burung ini. Selain mencegah kenakalan burung Kacer, cara ini juga sangat bagus untuk performa dan skill-nya.