Gaya Bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) adalah salah satu burung yang sedang marak dipelihara (baca: ternak murai batu). Karena burung ini memiliki kualitas suara yang baik dan merdu (download: suara murai batu). Tidak hanya itu, Ia juga memiliki bulu yang cantik dan menawan.

Dengan segala kelebihan tersebut maka tidak heran banyak orang yang memelihara burung MB. Bahkan tidak hanya memilihara, terkadang seseorang memang sengaja memelihara Murai untuk dijadikan burung kontes. Karena Murai memiliki suara yang baik, maka dari itu banyak orang mengikutsertakan burung ini ke kontes.

murai batu sumatra, murai batu borneo, murai sumatra, murai borneo

Berbicara mengenai kontes Murai. Banyak sekali gaya bertanding MB saat kontes, baik dari Sumatera maupun Borneo, keduannya sama-sama memiliki kualitas dan daya tarik sendiri. Bukan hanya itu, terkadang panitia kontes juga sengaja memisahkan kedua Murai ini dalam satu kontes, dengan kata lain kelasnya berbeda.

Hal tersebut dikarenakan kedua Murai ini memiliki jenis gaya bertanding yang berbeda, sehingga kedua Murai tersebut harus dipisahkan.

Jenis Gaya Bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo
Dalam kontes terkadang Murai Batu Sumatera dan Borneo dipisah, hal ini karena perbedaan gaya bertanding keduannya yang begitu mencolok. Lalu, apa saja perbedaan MB tersebut sehingga harus dipisahkan kelasnya?

Berikut ini adalah perbedaan gaya bertanding MB Sumatera dan Borneo:

1. Murai Batu Sumatera
Murai Batu Sumatera memang dianggap memiliki kualitas yang baik dalam berkicau, dengan jenis-jenis unggulannya yaitu:

a. Murai Batu Medan.
b. Murai Batu Lampung.
c. Murai Batu Aceh.
d. Murai Batu Nias.

Selain MB di atas, masih banyak jenis Murai asal Sumatera lainnya. Sedangkan ciri khas gaya bertanding Murai Batu Sumatera adalah sebagai berikut:

a. Membusungkan dadanya sembari berkicau dengan suara keras.
b. Melakukan ngobra, yaitu sejenis gerakan menaik turunkan bulu ekornya.

2. Murai Batu Borneo
Karir Murai Batu ini memang tidak secerah karir Murai Sumatera, hanya saja Murai Borneo memiliki ciri khusus saat bertanding. adapun ciri tersebut adalah:

a. Membusungkan dadanya.
b. Mengelembungkan dan mengangkat bulu dadanya saat bertanding.

Gaya bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo memang berbeda, hanya saja mereka memiliki kualitas suara yang tidak jauh berbeda. Selain itu, baik MB Sumatera maupun Borneo, sama-sama memiliki performa yang baik dalam bertanding, entah itu kontes, lomba, maupun hanya di lakber.