Ciri Murai Batu Siap Lomba atau Kontes

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu dari jenis burung yang suka berkicau, selain itu Ia juga memiliki suara yang merdu dan khas (download: suara murai batu). Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang memilihara burung ini untuk diadu dan dipertandingkan ke kontes burung, khususnya kontes burung kicau.

Sedangkan untuk menang, terkadang seorang pemilik akan melakukan segala macam upaya, termasuk pelatihan suara (baca: cara memaster murai batu). Akan tetapi, pelatihan saja tidak cukup, karena umumnya seekor Murai Batu juga memerlukan asupan nutrisi dan perawatan yang baik ntuk menunjang performanya.

murai batu kontes

Berbicara mengenai performau Murai Batu. Anda tentu tahu mana Murai yang sudah memiliki perform yang baik bukan? Ciri Murai Batu siap lomba atau kontes adalah Murai yang memiliki performa yang baik. Tidak hanya suara yang bagus, Ia juga harus memiliki tampilan dan gaya berkicau yang baik.

Ciri-Ciri Murai Batu yang Siap Mengikuti Lomba
Umumnya seekor Murai Batu yang diakui memiliki kwalitas yang baik adalah Murai yang menjuarai kontes. Sedangkan untuk mendapatkan hal itu, seekor Murai haruslah menjalani beberapa tahap pelatihan dan perawatan khusus. Gunanya adalah untuk melatih Murai agar memiliki skill dan kelebihan, untuk apa?

Untuk menjuarai suatu kontes, seekor Murai haruslah memiliki kwalitas skill yang baik. Lalu, dalam melakukan perawatan dan pelatihan tersebut, kapankah Murai siap untuk menikuti kejuaraan atau kontes? Nah untuk tahu akan hal itu, Anda bisa melihat ciri-cirinya.

Adapun ciri-ciri Murai Batu yang siap mengikuti kontes adalah sebagai berikut:

1. Memiliki usia yang mapan, umumnya Murai harus berusia kurang lebih 2 tahun.
2. Memiliki gaya yang ngeplay dan sensitif dengan suara lain.
3. Murai lebih cenderung bersuara dengan karakter ngeban  dengan intonasi yang kuat.
4. Rajin mengeluarkan suara isian .
5. Memiliki mental tempur yang baik dan terbiasa dengan keadaan lingkungan yang ramai.
6. Memiliki badan yang proporsional.
7. Mampu untuk diajak trek dengan Murai lainnya. Umumnya Murai yang sudah mapan, Ia akan mampu melawan 3 burung sekaligus.
8. Bentuk kotoran yang kecil dan kering.

Ciri utama Murai Batu yang siap kontes diatas adalah ciri umum yang sering dialami Murai. Untuk mendapatkan kwalitas Murai yang baik, biasanya Anda harus lakukan beberapa pelatihan dan perawatan khusus. Sedangkan jika Murai sudah menunjukan ciri-ciri di atas, maka bisa dipastikan Murai tersebut sudah siap tempur di ajang kontes maupun lomba.