Ciri-Ciri Kacer yang Sudah Menetaskan Anak

Advertisement
Advertisement
Kacer adalah salah satu burung yang banyak dibudidayakan oleh beberapa Kacer mania (baca: ternak kacer). Selain untuk mendapatkan keuntungan, hal ini juga berguna untuk kelesatarian dari Kacer itu sendiri. Akan tetapi, kendala utama dalam proses budidaya Kacer umumnya adalah proses perkembang biakan.

Sebenarnya tidak hanya Kacer, tapi beberapa jenis burung kicau lainnya juga mengalami hal yang sama, terlebih lagi jika burung tersebut adalah burung budidaya.

kacer menetaskan anak, kacer menetas

Banyak hal yang menyebabkan kesulitan ini muncul, dan yang paling umum adalah ketidak tahuan peternak dalam hal proses perkembang baikan, khusunya yang menyangkut telur Kacer yang menetas.

Hal tersebut sebenarnya bisa dibilang wajar, apalagi jika peternak tersebut masih pemula. Akan tetapi, sebagai peternak Kacer yang baik, harusnya orang tersebut kapan Kacer tersebut bertelur, kapan telur tersebut menetas, dan apa ciri-ciri Kacer yang sudah menetaskan anak.

Beberapa Ciri-Ciri Kacer yang Sudah Menetaskan Anak
Perlu Anda ingat, di samping sebagai referensi Anda sebagai peternak, hal yang satu ini juga membantu Anda untuk mengurangi kerugian yang bisa saja Anda derita. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, sudah barang wajib bagi Anda untuk tahu apa dan bagaimana ciri-ciri indukan Kacer yang sudah menetaskan anaknya.

Adapun ciri-ciri yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Perilaku yang lebih agresif
Saat anak-anak Kacer menetas, perilaku agresif akan muncul pada diri indukan Kacer, terutama indukan betina. Hal ini adalah salah satu bentuk perlindukan seekor indukan Kacer untuk anak-anaknya.

2. Cangkang telur berada di luar sangkar
Apabila anak-anak Kacer sudah menetas, maka indukan betina anak segera membuang cangkang-cangkang kosong tersebut ke luar sangkar. Hal tersebut berguna untuk memudahkannya dalam mengerami dan melolohkan anak-anaknya.

3. Suara Kacer yang berbeda
Ciri lain dari indukan yang telah menetaskan anak bisa Anda simak dari suara yang Ia keluarkan. Pasalnya, saat seekor indukan menetaskan telurnya, Ia akan memiliki suara asing.

Itu tadi ciri-ciri utama Kacer yang sudah menetaskan anak. Tapi di samping mengenal ciri-ciri di atas, Anda pun juga harus memperhatikan asupan pakan dari indukan Kacer. Selain itu, Anda pun harus memperhatikan lingkungan sarang Kacer, dan jaga agar tidak ada predator yan mencuri dan mengonsumsi telur Kacer Anda.