Ciri Ciri Kacer Siap Lomba

Advertisement
Advertisement
Burung kacer adalah salah satu jenis burung kontes, ia memiliki kualitas suara yang baik dan indah. Apalagi saat burung ini bertemu dengan lawannya. Saat itu ia akan benar-benar semangat dan berkicau dengan indahnya. Tidak hanya itu, saat diam pun burung ini memiliki keindahan tersendiri dari bentuk tubuhnya yang gagah.

Meski pun burung kacer adalah burung kontes, tapi tidak semua burung memiliki kesiapan untuk mengikuti kontes. Pasalnya burung ini harus memiliki mental dan skill yang cukup untuk mengikuti kontes. Selain itu, ia juga harus memiliki ciri khusus yang menandakan bahwa ia telah siap untuk mengikuti lomba.

kacer siap lomba, kacer lomba

Ciri kacer siap lomba haruslah Anda ketahui, terutama saat Anda ingin mengikut sertakan burung lomba. Pasalnya, dengan cara ini Anda akan tahu apakah burung tersebut sudah layak tanding atau belum. Tentu Anda tidak ingin bukan mengikut sertakan burung yang belum layak tanding bukan? Maka dari itu, Anda harus mengetahui kapan burung sudah siap tanding.

Adapun ciri kacer yang siap ikut kompetisi adalah sebagai berikut:

1. Burung kacer memiliki usia yang matang. Hal tersebut biasa Anda lihat pada kondisi kaki yang sudah nyisik dan mengering.
2. Burung yang sudah matang dan siap tanding umumnya akan memiliki bulu sayap yang mengarah ke bawah.
3. Burung yang sudah matang dan siap lomba umumnya akan memiliki warna bulu yang tajam dan mengilap.
4. Kacer yang sudah matang umumnya sudah memiliki mental yang baik.
5. Mata burung biasanya lebih tajam dan cerah.
6. Burung yang sudah matang umumnya akan senantiasanya berkicau. Hal ini karena mental burung sudah bagus dan siap untuk diikut sertakan ke lomba.
7. Burung kacer yang siap lomba biasanya akan memiliki paruh yang mengilap dan tidak kusam.
8. Kacer yang matang umumnya akan mengeluarkan kotoran yang keras, kecil, dan padat.

Tapi ingat, walaupun kacer sudah siap lomba dan sudah memiliki ciri-ciri atas, Anda harus waspada dengan kondisi mbagong. Kondisi ini umumnya terjadi saat kacer benar-benar sudah merasa lelah, stres, dan tidak nyaman dengan kondisi sekitarnya. Jika sudah mengalami kondisi ini seekor kacer hanya akan terdiam dan tidak mau ngeplong, gacor, atau pun hanya bersuara saja. Maka dari itu, sebelum Anda mengikut sertakan burung ini lomba, Anda harus menjaga mood kacer agar tidak terjadi mbagong.