Ciri-Ciri Murai Batu Aceh atau Lahat

Advertisement
Advertisement
Jenis Burung Murai Batu (MB) sangatlah banyak, dan mayoritas di dominasi oleh jenis Murai dari Sumatera. Akan tetapi Murai Sumatera juga memiliki jenis yan banyak pula, seperti Murai Medan, Murai Lampung, Murai Aceh, dan beberapa jenis MB Sumatera lainnya.

Diantara jenis-jenis diatas, ada satu jenis Murai Sumatera yang menjadi bahan perbincangan pecinta Murai. Jenis tersebut adalah Murai Batu Aceh. Burung ini adalah salah satu dari jenis Murai yang memiliki harga paling mahal (baca: harga murai batu).

murai batu aceh, murai acaeh, murai batu lahat, murai lahat

Berbicara mengenai jenis Murai dari Aceh, jenis ini adalah salah satu jenis yang paling banyak diburu oleh penggemar burung Murai Batu. Disamping karena keindahannya, burung ini juga memiliki kualitas suara khas yang unik dan asik untuk didengar (baca juga: suara murai batu). Akan tetapi selain 2 hal di atas, masih ada penyebab lain yang membuat burung ini mahal dipasaran.

Mengenal Murai Batu asal Aceh
Murai Batu Aceh atau lahat adalah salah satu jenis Murai yang belakangan semakin tinggi harganya. Menurut beberapa sumber, belakangan burung ini semakin langka habitatnya jadi dengan demikian harganya pun semakin mahal. Selain itu kualitas suara, skill, serta karakter burung yang khas juga sebagai penyebab burung ini memiliki harga yang relatif tinggi.

Sebenarnya bagaimana ciri dan keistimewaan dari burung ini? berikut adalah profilnya:

1. Ekor
Untuk bagian ekor, burung ini memiliki 2 jenis bentuk ekor. Sebagian ada yang panjang dan dan sebagian lain ada yang pendek. Sedangkan untuk panjang ekornya sendiri, burung ini bisa memiliki ekor sepanjang 17-30 cm.

2. Skill
Burung ini memiliki skill yang mumpuni. karena burung ini memiliki kemampuan ngerol yang cukup baik. Selain itu, burung ini juga memiliki varian lagu yang beraneka ragam dan bervariasi.

3. Perawakan
MB asal Aceh ini memiliki perawakan tubuh yang relatif kecil. Akan tetapi, Ia juga memiliki kemampuan bertarung yang baik.

Perlu Anda ketahui, harga untuk seekor burung Murai Batu yang berhabitat di gunung Leuser ini memiliki harga minimal Rp 900.000,- untuk anakan betina yang berusia 3 minggu. Sedangkan jika burung ini memenangkan lomba, maka Ia bisa dibanderol dengan harga lebih dari Rp 11.000.000,- per ekor.