Ciri-Ciri Kacer Sedang Sakit

Advertisement
Advertisement
Bagi seorang pemilik kacer, kondisi kacer yang sakit tentu adalah kondisi yang paling tidak diinginkan bukan? Pasalnya, kondisi ini akan mengancam keberlangsungan hidup dari kacer itu sendiri.

Maka dari itu, untuk mencegah hal ini banyak sekali pemilik kacer yang memberikan burung kesayangannya multivitamin. Pemberian itu pun bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan kacer itu sendiri.

kacer sakit

Akan tetapi, selain mencegah kacer sakit, seorang pemilik kacer juga harus mengetahu ciri-ciri kacer yang sedang sakit. Pasalnya, jika Anda tidak tahu apa dan bagaimana kondisi kacer yang sedang sakit, maka Anda pun tidak akan bisa melakukan tindakan penanganan dengan cepat dan segera.

Adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perubahan pada mata kacer
Saat burung kacer sedang sakit, Ia akan memiliki gejala-gejala pada matanya. Adapun gejala-gejala tersebut berupa:
a. Keluarnya skretum (cairan) dari mata kacer.
b. Mata terlihat sayu.
c. Terkadang beberapa penyakit menyebabkan mata kacer menjadi bengkak.
d. Mata kacer susah dipejamkan.
e. Dan perubahan kecerahan pada mata kacer.

2. Perubahan pada bagian hidung
Ada beberapa penyakit yang menyebabkan burung mengeluarkan ingus dari hidungnya. Selain itu, saat sakit burung juga terkadang sering bersin-bersin.

3. Perubahan pada sayap kacer
Ciri kacer yang sedang sakit lainnya terletak pada sayap kacer. Pasalnya, seekor kacer yang sedang sakit umumnya akan memiliki kondisi sayap yang berbeda dengan kondisi sayap pada umumnya. Perbedaan tersebut berupa:
a. Bulu sayap yang tampak kusam dan kusut.
b. Kondisi sayap yang lemas dan lunglai.

4. Perubahan nafsu makan kacer
Saat sakit, kacer akan mengalami perubahan nafsu makan. Ia akan cenderung malas makan dan enggan untuk menyentuh makanan mereka. Pasalnya, saat sakit seekor kacer hanya terdiam dan malas untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan saat Ia sehat.

5. Penurunan kesimbangan dan kesehatan sendi kacer yang menurun
Saat sakit, seekor kacer umumnya akan kesulitan untuk berdiri di atas tangkringan mereka. Pasalnya, saat kondisi mereka sedang sakit, keseimbanan dan kesehatan sendi-sendi mereka berkurang, jadi memang pantas jika mereka akan kesulitan untuk berdiri pada tangkringan mereka sendiri.

6. Terdapat jendolan pada tubuh kacer
Ciri-ciri kacer sedang sakit lainnya adalah timbulnya jendolan atau benjolan pada bagian tubuh kacer. Jika Anda melihat benjolan ini, sebaiknya Anda segera bawa burung ini pada dokter hewan atau orang yang paham dengan kondisi kacer. Pasalnya, timbulnya benjolan ini dikhawatirkan akan mengakibatkan hal yang berbahaya untuk kacer.

Itu tadi adalah beberapa ciri kacer yang sedang sakit. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan penanganan dengan sesegera mungkin. Adapun tindakan penanganannya sendiri bisa Anda lakukan sendiri dengan melakukan perawatan dan penanganan penyakit burung kacer.