Cara Merawat dan Mengamankan Murai Batu di Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah jenis burung yang sangat rentang terkena penyakit (baca: jenis penyakit yang sering menyerang murai batu), terutama saat musim hujan. Untuk itu, dalam mengantisipasi hal tersebut Anda haruslah memberikan perawatan ekstra saat musim hujan.

Tujuannya sangat sederhana, yaitu agar Murai tersebut terhindar dari segala jenis virus atau bakteri yang mengganggu kesehatan Murai Batu. Pasalnya, saat musim hujan bakteri dan virus sangat mudah menyerang tubuh murai, terutama virus influenza yang akan membuat Murai mengalami pilek.

murai batu berkicau, murai berkicau

Cara Ampuh Merawat dan Mengatasi Murai Batu di Musim Hujan
Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam merawat dan mengamankan Murai Batu di musim hujan. Perawatan tersebut melingkupi beberapa hal seperti, kebersihan, pemberian pakan, dan yang jelas pemberian multivitamin untuk menjaga kondisi Murai itu sendiri.

Adapun contoh perawatan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kebersihan kandang
Untuk mencegah perkembangbiakan bakteri, umumnya seorang breeder akan menjaga kebersihan sangkar Murai. Caranya adalah dengan membersihkannya setiap hari, selain itu Anda juga bisa memberikan penyemprotan anti kuman dan bakteri pada sangkar tersebut.

2. Pemberian pakan
Untuk menjaga kondisi tubuh Murai Batu agar selalu sehat, Anda harus menjaga pola makan Murai. Jika pada musim hujan, Anda bisa memberikan porsi EF yang lebih banyak.

Gunanya untuk menambah asupan nutrisi Murai, sedangkan jenis EF yang bisa diberikan adalah:

1. Jangkrik.
2. Kroto
3. Ulat Hongkong.
4. Ulat kandang.

Di samping jenis tersebut sebenarnya masih ada lagi jenis serangga lainnya, akan tetapi sebaiknya berikan jenis serangga di atas untuk dijadikan EF. Pasalnya, serangga-serangga di atas adalah makanan utama Murai saat berada di hutan. Sedangkan untuk menjaga asupan nutrisi Murai, Anda bisa menambahkan porsi EF tersebut. Kita ambil contoh, jika Anda biasa memberikan 3 ekor jangkrik setiap pagi, maka dalam merawat Murai Batu saat Musim hujan Anda bisa menambahkan porsinya menjadi 4-5 ekor setiap paginya.

3. Multivitamin dan obat
Untuk menjaga kesehatan Murai Batu, Anda juga harus memberikan burung ini asupan vitamin tambahan. Anda bisa memberikan Murai ini multivitamin burung yang banyak dijual di toko pakan dan obat untuk burung, salah satu obat terbaik adalah OrBird.

4. Pemberian kredong dan lampu
Jika cuaca memang sangat dingin, Anda wajib memberikan burung ini kredong. Cara ini akan membantu Murai dalam menangkal suhu dingin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu full spectrum untuk menghangatkan Murai Anda. Pasalnya, lampu ini memiliki kapasitas 5500 K, jadi mampu untuk menghangatkan tubuh Murai saat hujan.

Cara merawat dan mengamankan Murai Batu di musim hujan diatas bisa Ada terapkan. Selain membantu menjaga kondisi kesehatan Murai, cara-cara di atas juga akan membuat Murai lebih nyaman saat musim hujan.