Cara Menjinakan Kacer yang Giras

Advertisement
Advertisement
Kacer yang giras umumnya adalah Kacer yang didapatkan dari hutan. Burung dengan sifat ini umumnya akan gacor pada situasi lingkungan yang sepi, namun saat situasi lingkungan sedang ramai Ia akan cenderung diam. tentu hal ini akan sangat mengganggu, terutama jika burung tersebut Anda siapkan untuk kontes.

Tentu jika hal ini terjadi pada Kacer Anda, Anda akan melakukan upaya penanganan bukan? ya penanganan tersebut memang penting untuk dilakukan. Pasalnya, jika Anda tidak melakukan hal ini, maka bisa dipastikan burung kesayangan Anda ini tidak akan bisa diikut sertakan pada kontes Kacer.

kacer jinak

Adapun cara menjinakan Kacer yang giras adalah sebagai berikut:

1. Menggantung burung pada lingkungan yang banyak dilalui orang
Cara ini sangat dianjurkan untuk Kacer yang giras, walaupun akan menimbulkan efek kelabakan pada burung, namun cara ini dapat meredam dan menghilangkan sifat giras tersebut. Adapun cara untuk mengaplikasikan metode ini adalah sebagai berikut:
a. Pada pagi hari, berikan kerodong pada sangkar Kacer dengan bahan yang tipis.
b. Gantungkan sangkar tersebut pada teras rumah atau pada tiang depan rumah.
c. Biasanya untuk melakukan cara ini selama 1 minggu, tiap hari kurangi ketinggian sangkar Kacer.
d. Jika Kacer sudah tidak lagi kelabakan, Anda bisa membukan kredong Kacer.
Ingat, metode ini juga harus diiringi perawatan rutin seperti makan, mandi, dan berjemur. Jadi walaupun burung sedang dilatih untuk tidak giras, burung juga tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup.

2. Memandikan Kacer sampai basah kuyup
Cara mengatasi Kacer yang giras ini dipercaya ampuh. Pasalnya, dengan keadaan yang basah kuyup seekor Kacer tidak akan lagi giras dan kelabakan. Sedangkan untuk proses pemandiannya sendiri, Anda bisa lakukan di keramba atau dengan menyemprotkan air sampai bulu-bulunya basah. setelah proses ini selesai Anda bisa melanjutkan perawatan lain seperti biasanya.

3. Memandikan Kacer dengan air pare
Cara ini memang cenderung unik dan jarang digunakan. Akan tetapi, cara ini dipercaya ampuh untuk mengatasi sifat giras Kacer. Sedangkan proses pemandiannya sendiri sama dengan proses pemandian pada umumnya. Hanya saja pada proses ini air yang digunakan adalah air pare. Tapi ingat, saat proses ini berlangsung, air pare jangan sampai tercerna oleh Kacer atau pun mengenai mata Kacer.

Itu tadi adalah cara mengatasi Kacer yang giras. Cara-cara tersebut bisa Anda terapkan pada burung Kacer kesanyangan Anda yang giras. Tapi ingat, di luaar perawatan dan cara-cara diatas, Anda juga wajib merawat dan menjaga kesehatan Kacer itu sendiri. Percuma bukan memiliki Kacer yang jinak tapi sakit? Maka dari itu wajib hukumnya untuk merawat kesehatan Kacer.