Cara Mengetahui Telur Kacer Isi dan Produktif

Advertisement
Advertisement
Bagi seorang peternak Kacer, mengetahui telur Kacer isi dan produktif itu sungguh sangat penting. Pasalnya, tanpa pengetahuan akan hal ini, seorang peternak bisa saja mengalami kerugian. Selain karena Ia membiarkan indukan mengerami telur yang kosong, hal ini juga sangat membuang-buang waktu.

Maka dari itu, setiap peternak burung, termasuk Kacer, haruslah mengetahui dan mengengerti akan hal ini.

kacer bertelur

Cara Mengetahui Telur Kacer Isi dan Produktif
Metode paling mudah untuk mengetahi produktivitas telur dari seekor unggas adalah dengan penerawangan.

Adapun cara-cara yang harus dilakukan untuk menerakan metode ini adalah sebagai berikut:

1. Pisahkanlah telur dari indukan
Ingat, cara ini haruslah Anda lakukan dengan hati-hati. Pasalnya, saat indukan Kacer sedang mengerami telur-telurnya Ia akan memiliki kondisi yang labil. Dengan kata lain, Ia cenderung lebih agresif dan mudah menyerang individu yang dianggap mengganggunya dan telur-telurnya.

2. Lakukan penerawangan
Cara mengetahui telur Kacer isi dan produktif berikutnya adalah dengan menerawangnya. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggukan bola lampu yang terang. Akan tetapi, untuk mendapat hasil penerawangan terbaik, sebaiknya Anda gunakan lampu pijar saja.

Adapun cara-caranya sendiri adalah sebagai berikut:

a. Siapkan telur yang sudah dipisahkan dari indukannya.
b. Setelah itu arahkan telur-telur tersebut ke bola lampu yang sudah Anda siapkan. Adapun indikasi telur tersebut infertil atau tidak adalah sebagai berikut:

- Telur tersebut bisa Anda anggap produktif dan berisi, apabila saat diterawang telur tersebut menampakan bercak hitam layaknya embrio Kacer.
- Telur tersebut bisa Anda anggap infertil atau tidak produktif, apabila saat Anda terawang telur tersebut tidak menampakan bercak hitam layaknya embrio Kacer.

Dalam menerawang telur-telur Kacer, Anda sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Pasalnya, cangkang dari telur yang baru saja keluar belum cukup kuat. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya lakukan cara-cara mengetahui telur Kacer ini dan produktif di atas apabila telur tersebut sudah memasuki usia yang cukup.