Cara Mengatasi Murai Batu Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Over birahi pada burung adalah gejala alami yang terjadi apabila burung tersebut sedang memiliki birahi yang tinggi, hal ini juga sering dialami oleh Murai Batu. Umumnya over birahi pada Murai, akan menyebabkan burung ini tidak ngeplong, ngelawo, bahkan terkadang turun dari tangkringan.

Jika dalam hari biasa hal ini bukanlah masalah, tapi saat hal ini terjadi pada arena kontes, maka hal ini akan menjadi masalah yang besar bagi breeder. Kenapa? Karena jika Murai sedang over birahi, maka jangan harap burung tersebut untuk ngeplong atau pun ngeroll, bahkan untuk bunyi pun terkadang mereka tidak mau.

murai batu over birahi, murai over birahi, murai birahi, murai batu birahi

Berbicara mengenai over birahi. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi Murai Batu yang sedang over birahi. Sedangkan jika ditinjau dari penyebabnya, masalah ini terkadang muncul karena burung Murai terlalu banyak mengkonsum EF dan karena Murai sudah siap kawin.

Sudah siap kawin? Ya, saat seekor hewan siap untuk kawin, Ia akan memiliki birahi yang lebih tinggi dari biasanya. Sedangkan untuk cara mengatasinya adalah dengan mengawinkannya dengan lawan jenis, mudah bukan? Lalu, bagaimana jika penyebabnya karena terlalu banyak EF? Untuk mengatasi hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengubah cara perawatan Murai itu sendiri.

Cara Ampung Mengatasi Murai Batu yang Over Birahi
Sesuai yang kita bahas di atas, dalam mengatasi OB pada Murai yang diakibatkan karena EF adalah dengan melakukan perubahan pola perawatan.

Sedangkan pola perawatan yang dimaksud adalah dengan melakukan cara-cara berikut:

1. Cara ampuh mengatasi over birahi pada Murai Batu adalah dengan mengurangi asupan jangkrik. Ya Anda bisa memberikannya 2-3 dari asupan normal. Contohnya,  jika Anda biasa memberikan jangkrik sebanyak 8 ekor per hari, maka untuk mengatasi OB ini Anda bisa memberinya cukup dengan 5 jangkrik saja perhari. Adapun porsinya adalah 3 ekor untuk pagi hari, sedangkan  2 lainnya untuk sore hari.
2. Saat pagi hari, sebaiknya lakukanlah proses pengembunan pada jam 5 sampai jam 6 pagi. Gunanya adalah untuk menekan birahi Murai agar turun dan tidak berlebihan.
3. Berikanlah 4 ekor jangkrik dalam seminggu untuk mengurangi tekanan birahinya.
4. Tambahlah frekuensi mandinya menjadi 3 kali dalam sehari.
5. Untuk mengatasi OB pada Murai, sebaiknya Anda kurangi durasi penjemuran sebanyak 30 menit dalam sekali penjemuran.
6. Untuk menjaga setamina dan kebugaran Murai, sebaiknya Anda juga memberikan multivitamin OrBird pada burung ini.

Nah, cara mengatasi over birahi Murai Batu di atas bisa Anda gunakan untuk menangani permasalahan yang serupa. Akan tetapi, setelah Murai sembuh dari OB sebaiknya Anda juga harus melakukan tindakan pencegahanya yaitu dengan mengatur pola makan burung Murai terutama pakan tambahannya.