Cara Mengatasi Burung Kacer yang Tiba Tiba Lumpuh

Advertisement
Advertisement
Saat beternak Kacer (baca: ternak kacer), Anda mungkin pernak melihat kacondisi Kacer yang tiba-tiba lumpuh. Kondisi ini biasanya dipengaruhi karena kekurangan asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh Kacer. Jika asupan mineral ini kurang, maka proses pengolahan vitamin dan mineral dalam proses pencernaan Kacer akan terganggu.

Jika pongalahan vitamin dan mineral tidak berjalan dengan baik dalam proses pencernaan Kacer, maka sangat besar kemungkinan Kacer akan mengalami sakit. Dan sakit yang paling sering terjadi karena kondisi ini adalah anemia. untuk menghindari kondisi ini terjadi, sebaiknya Anda berikan asupan mineral yang cukup untuk Kacer.

kacer lumpuh

Sedangkan bila kondisi kelumpuhan ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. adapun cara mengatasi burung yang Kacer yang tiba-tiba lumpuh yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Jika anemia sudah menyerang burung, sebaiknya Anda harus segera memberinya vitamin B12 dan B kompleks yang sudah dilarutkan ke dalam air.
2. Selama kondisi ini berlangsung, burung haruslah diberikan asupan makanan yang cukup.
3. Untuk menambah daya tahan tubuh Kacer, Anda juga harus memberikan Kacer multivitamin burung. Sedangkan untuk pemberiannya, Anda bisa campurkan multivitamin pada kroto. Disamping itu, Anda juga bisa melarutkan mulitvitamin pada air minum Kacer.
4. Dalam kondisi ini, jangan sekali-kali memegang Kacer atau pun mengangkat Kacer dengan tangan Anda. Pasalnya, saat kondisi ini terjadi Kacer mudah sekali tersedak dan bisa mengakibatkan burung tesebut mati.
5. Saat Kacer sudah tidak mau untuk makan, Anda bisa mengatasinya denga memberikan burung ini makanan dengan metode injeksi. Tapi ingat, dalam melakukan metode ini, Anda jangan sampai menyentuh atau pun memegang Kacer. Sedangkan untuk pemberian pakannya, Anda bisa memberikan voer yang sudah diberi air.

Karena metode ini adalah metode injeksi, maka Anda harus memberikan pakan Kacer dengan menggunakan injektor. Atau jika Anda tidak memiliki alat tersebut, Anda bisa menggunakan talang kecil yang bisa digunakan dan nyaman untuk memberikan pakan pada Kacer.

Itu tadi adalah cara-cara mengatasi Kacer yang tiba-tiba lumpuh. Diluar itu, Anda juga harus senantiasa memperhatikan kondisi kesehatan burung. Jika kondisinya semakin memburuk, maka sangat disarankan untuk membawa burung ini ke klinik hewan. Di samping lebih lengkap dari segi alat, klinik hewan juga akan memberikan perawatan-perawatan yang lebih baik untuk burung Kacer Anda.