Cara Menangani Penyakit Mata pada Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Burung Murai Batu adalah salah satu burung yang gemar berkicau, dengan begitu Ia pun memiliki suara yang merdu dan enak didengar. Tidak hanya itu, saat berkicau Ia pun memiliki gaya yang khas yang membuat para pecintanya berdecak kagum. Selain itu, beberapa Murai pun memiliki bulu yang indah, dengan kata lain burung ini juga layak untuk dijadikan burung hias.

Akan tetapi, semua hal tersebut sepertinya percuma saat Murai dalam kondisi sakit, apalagi sakit mata. Karena dalam kondisi ini Murai Batu akan mengalami kondisi yang amat buruk, sehingga harus menuntut breeder atau pemilik untuk menangani penyakit tersebut.

murai batu sakit mata, murai sakit mata

Berbicara mengenai penyakit Murai Batu, terutama penyakit mata. Sebenarnya banyak sekali cara menangani penyakit mata pada Murai Batu. Dengan kata lain, bagi breeder yang masih junior pun bisa menangani masalah ini secara mandiri, dengan syarat breeder tersebut harus tahu caranya.

Tapi umumnya seorang breeder yang masih pemula pasti membawa Murai tersebut ke dokter hewan, dengan kata lain Ia tidak ingin menanggung resiko. Lalu, bagaimana cara menangani masalah tersebut? untuk lebih jelasnya, mari kita simak materi berikut ini.

Cara Menangani Penyakit Mata yang Sering Menyerang Murai Batu
Umumnya penyakit mata yang menyerang Murai Batu diakibatkan karena gangguan bakteri, selain itu pemberian pakan jangkrik yang salah juga menyebabkan penyakit ini timbul. Di samping itu pemberian extra food (EF) yang berlebihan juga akan menimbulkan penyakit ini, sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda perhatikan pola makan untuk Murai, terutama pemberian EF.

Adapun cara mengatasi penyakit mata pada Murai Batu adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan kandang Murai setiap hari.
2. Sebaiknya lakukan pengkredongan selama fase penyembuhan.
3. Dalam proses ini tetaplah beri makan Murai baik itu Voer maupun EF, tapi untuk EF sebaiknya pemberiannya seminim mungkin.
4. Setelah itu kompres mata Murai dengan perlahan menggunakan kain dan air hangat. Ingat, sebisa mungkin proses ini jangan sampai melukai mata dari Murai tersebut.
5. Setelah itu Anda bisa memberikan obat sakit mata khusus untuk burung, Anda bisa mendapatkannya di toko yang menjual obat dan pakan burung.
6. Untuk obat tetes, Anda bisa memberikannya 3x dalam sehari. Selain itu, Anda juga bisa memberikan multivitamin untuk menjaga kondisi Murai Batu agar tetap sehat.
7. Beri multivitamin OrBird.

Dalam menangani penyakit mata pada Murai Batu sebaiknya lakukan dengan cara yang rutin. Apabila dengan cara tersebut tidak menghasilkan perubahan, maka alangkah baiknya Anda bawa Murai tersebut ke dokter hewan terdekat.