Cara Memilih Indukan Kacer yang Bagus

Advertisement
Advertisement
Bagi Anda yang baru menggeluti budidaya Kacer, mungkin Anda akan bingung dalam memilih indukan Kacer yang bagus dan berkualitas. Dengan kebingungan ini, mungkin Anda akan salah dan sembarangan dalam memilih indukan.

Padahal, jika Anda salah dalam memilih indukan, resiko kegagalan Anda dalam beternak Kacer akan bertambah besar. Maka dari itu, pemilihan indukan Kacer yang berkualitas sangatlah diperlukan demi keuntungan keberlangsungan budidaya Kacer itu sendiri (baca: ternak kacer).

indukan kacer

Agar budidaya ini maju dan berkembang, maka Anda harus memilih indukan yang berkualitas baik. Selain baik dari segi kualitas, Anda juga harus memilih indukan yang produktif. Tentu Anda tidak mau bukan memiliki indukan yang tidak produktif? Untuk memilih indukan dengan spesifikasi di atas, Anda harus menerapkan cara memilih indukan yang bagus dan berkualitas.

Adapun cara-cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah indukan jantan yang usianya matang
Burung yang produktif adalah burung yang berusia matang. Sedangkan usia matang pada Kacer jantang umumnya berkisar sekitar 10 bulan, dan sudah memasuki masa mabung serta sudah memasuki periode birahi.

2. Pemilihan indukan betina yang tepat
Untuk memaksimalkan penjodohan, Anda sebaiknya gunakan indukan betina yang sudah jinak atau indukan hasil penangkaran. Selain itu, Anda juga harus memilih indukan yang sudah matang. Sedangkan untuk usia matang pada betina sendiri umumnya berkisar sekitar 1 tahun ke atas dan sudah memusi periode birahi dan mabung.

3. Pilihlah indukan yang memiliki fisik yang baik
Cara memilih indukan Kacer yang berkualitas selanjutnya adalah memilih indukan dengan kondisi fisik yang baik. Kondisi fisik ini sangat berpengaruh pada keturunan dari Kacer itu sendiri. Apabila kondisi fisik indukan baik, maka kondisi anakan Kacer juga akan baik.

4. Pilihlah indukan yang memiliki skill baik
Agar anakan memiliki skill yang baik, maka Anda harus menggunakan indukan yang berskill baik pula. Anda pasti setuju dengan peribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonya bukan? Maka dari itu, anakan Kacer juga akan memiliki skill dan kondisi fisik yang tidak jauh berbeda dengan indukannya.
Itu tadi adalah cara untuk memilih indukan Kacer yang bagus.

Cara ini diharapkan dapat memaksimalkan hasil anakan yang berkualitas. Jika anakan yang dihasilkan berkualitas, tentu harganya akan mahal bukan? jika harga anakan mahal, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari bisnis ini.