Cara Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu agar Lebih Keras

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) adalah salah satu jenis burung yang gemar berkicau, selain itu Ia juga memiliki bulu yang indah dan menawan. Tidak hanya itu, sebagai burung yang gemar berkicau, burung MB juga memiliki suara yang khas dan enak untuk didengar (download: suara murai batu).

Dengan segala kelebihan tadi, maka tidak sedikit orang yang menjadikan burung ini sebagai berung kontes. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan jawara, dengan begitu burung tersebut akan dihargai dengan harga yang lebih mahal.

murai batu bersuara, murai bersuara

Akan tetapi ada kasus yang menyebutkan bahwa MB sering sekali memiliki volume suara ang kecil. Walaupun suaranya merdu, tapi dengan suara yang kecil tentu Ia akan mendapat pengurangan nilai, dan pastinya peluang juara akan semakin kecil.

Bericara mengenai volume suara Murai, sebenarnya sudah banyak cara yang bisa mengatasi masalah ini. Dan cara memaksimalkan volume kicauan Murai Batu agar lebih keras ini pun sering digunakan oleh breeder yang sudah ternama. Karena menurut mereka, cara ini sangatlah ampuh untuk mengatasi suara Murai yang kecil dan tidak memiliki power.

Cara-Cara Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu Agar Lebih Keras
Untuk mendapat suara atau power yang besar, seorang breeder haruslah melatih Murai kesayangannya dengan cara-cara khusus. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lakukanlah pengembunan pada jam setengah 6 sampai jam setengah 7 pagi. Hal itu untuk memancing suara Murai agar semakin keras.
2. Setelah proses pengembunan Anda lanjutkan dengan proses penjemuran. Anda bisa melakukan proses ini dengan durasi 30-60 menit. Tapi ingat, jangan lakukan proses penjemuran jika waktu sudah menunjukan jam 10 pagi, karena itu akan berdampak kurang baik untuk Murai Batu.
3. Untuk memaksimalkan volume kicauan Murai Batu agar lebih keras, Anda bisa memasukan burung ini pada kandang umbaran. Disitu burung akan lebih aktif dan lebih sering berkicau dengan volume yang keras.
4. Proses berikutnya adalah pemandian. Akan tetapi, pemandian ini baiknya dilakukan di siang hari. Tujuannya adalah untuk merangsang burung agar berkicau dan memiliki suara yang lebih keras. Sedangkan untuk caranya, Anda bisa melakukan penyemprotan. Atau apabila Murai Anda sudah biasa mandi sendiri maka Anda cukup memberinya keramba mandi, maka dengan begitu Ia akan bisa mandi sendiri.
5. Selain perawata dan pelatihan, Anda juga harus memberikan burung ini pakan yang berkwalitas dan memiliki gizi yang tinggi. Sedangkan untuk pakan tersebut bisa berupa Voer, jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat Hongkong, dan beberapa pakan tambahan lainnya. Berikan pula multivitamin agar lebih sempurna, pilihlah vitamin alami OrBird.

Cara ampuh untuk memaksimalkan suara Murai Batu agar bervolume, bisa Anda lakukan dengan cara-cara di atas. Tapi ingat, dalam melakukan cara tersebut Anda juga harus mementingkan aspek kenyaman dan kesehatan Murai. Kita Ambil contoh, saat proses pengembunan sebaiknya dilakukan dalam keadaan cuaca yang cerah, jika hujan atau selepas hujan maka sebaiknya Anda hindari proses ini. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan burung itu sendiri agar tidak terserang flu atau pilek.