Cara Burung Kacer agar Tidak Ngeruji

Advertisement
Advertisement
Kacer adalah salah satu burung yang menjadi favorit di kalangan pecinta burung. Dengan kualitas vokal yang baik dan dengan ditunjang penampilan yang gagah, sungguh sangat wajar jika burung ini dijadikan sebagai burung favorit.

Akan tetapi, di luar keistimewaan tersebut, seekor burung kacer juga sering mengalami masalah. Dan masalah yang umumnya terjadi pada burung ini adalah ngeruji.

kacer ngeruji

Ngeruji adalah istilah yang digunakan untuk kacer yang sering menempelkan badanya pada ruji-ruji sangkar. Saat hal ini terjadi, seekor kacer umumnya enggan untuk berkicau, apalagi ngeplong atau pun gacor. Hal seperti ini biasanya disebabkan karena kacer tersebut sedang over birahi.

Sedangkan OB ini sendiri terjadi Entah karena asupan EF yang terlalu banyak, atau pun karena Ia sudah masuk masa kawin. Tapi yang jelas, Anda harus menerapkan penanganan yang tepat untuk menangani burung yang ngeruji.

Cara Mengatasi Kacer Agar Tidak Ngeruji
Cara burung kacer agar tidak ngeruji sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Akan tetapi, untuk meningkatkan efektifitas penanganan ini sendiri, sebaiknya lakukan proses penanganan yang baik dan benar. Nah adapun proses penanganan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kurangi asupan EF pada kacer yang ngeruji
Karena ngeruji umumnya disebabkan karena OB, maka untuk mengatasinya adalah dengan cara mengurangi asupan EF pada kacer. Hal ini dimaksudkan agar asupan-asupan EF yang berkurang akan menurunkan birahi kacer dan membuatnya normal kembali.

2. Kurangi durasi berjemur
Perlu Anda ketahui, berjemur sejatinya dapat menambah birahi kacer. Akan tetapi, jika durasinya terlalu panjang, maka bukan tidak mungkin kacer tersebut akan mengalami OB. Jika sudah mengalami OB, maka kurangi jatah berjemur dari yang sebelumnya 1 jam sehari menjadi 30 menit saja sehari.

3. Perbanyak mandi
Cara mencegah burung kacer agar tidak ngeruji berikutnya adalah dengan memperbanyak mandi. Ya, dengan mandi birahi kacer akan berkurang dan menurun. Maka dari itu, Anda bisa menambah jatah mandi kacer dari yang sebelumnya 1 kali sehari menjadi 2-3 kali sehari.

Itu tadi adalah cara mengatasi dan merawat burung kacer agar tidak ngeruji. Agar kacer-kacer kesayangan Anda terhindar dari tindakan ngeruji, sebaiknya Anda terapkan cara-cara di atas. Disamping itu, Anda juga harus menjaga asupan EF kacer. Pasalnya, asupan EF yang berlebihan akan menyebabkan kacer Anda OB dan ngeruji. Jadi, berilah burung Anda asupan EF yang pas dan sesuai takaran. Selain untuk menghindari ngeruji, hal ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan burung itu sendiri.